Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia, Kelima Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 25/10/2022, 16:51 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol merupakan hal sarana yang sudah tidak asing lagi bagi pengendara kendaraan bermotor.

Saat ini pembangunan jalan tol di Indonesia kian diperluas untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan mobilitas. Bahkan, ada jalan tol yang mendapatkan julukan sebagai jalan tol terpanjang di atas air.

Jalan tol atas air pertama di Indonesia ada di Pulau Dewata yang dikenal dengan Jalan Tol Bali Mandara. Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk. yang melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

Baca juga: Honda BeAt Rembes Oli, Cek Komponen Ini

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan "Maju, Aman, Damai dan Sejahtera" dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Dengan konsep tersebut maka pengendara yang melintasi jalan tol atas air ini akan disajikan oleh panorama laut yang indah. Serta pemandangan arsitektur dan ornamen budaya khas Bali.


Diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu, jalan tol Bali Mandara memiliki sepanjang 12,7 Km.

Pembangunan jalan tol ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan yang menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan Tol Bali-Mandara selesai dipercantik jelang event G20 di Bali pada November 2022.Dok. Jasa Marga Jalan Tol Bali-Mandara selesai dipercantik jelang event G20 di Bali pada November 2022.

Jika melihat ke daftar ke jalan tol atas air terpanjang di dunia, tol Jalan Tol Bali – Mandara ada di urutan kelima.

Yang pertama ada jalan tol Jiaozhou Bay di China (42 Km), kedua jalan tol Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat (38,4 Km), ketiga jalan tol Chesapeake Bay, Amerika Serikat (24,01 Km), keempat jalan tol Penang - Malaysia (24 Km) dan kelima jalan tol Bali Mandara, Indonesia (12,7 Km).

Baca juga: Lihat Keandalan Fuso eCanter jadi Truk di Area Konstruksi

Uniknya, jalan tol ini menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Selain itu, dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, telah dipasangi alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.