Kompas.com - 21/10/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya kepemilikan atau biasa dikenal cost of ownership merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli mobil, di samping desain, fitur, hingga performa atau kapasitas mesinnya.

Sebab ketika sudah memutuskan untuk memboyong mobil tertentu, konsumen harus mempersiapkan berbagai biaya lain, seperti bensin, pajak, sampai servis berkala.

Oleh karena itu, dalam pengujian low multi purpose vehicle (LMPV) terpopuler, yaitu Toyota Veloz dan Hyundai Stargazer, redaksi juga mencoba menghitung estimasi dari total biaya-biaya tersebut dengan hitungan sampai lima tahun.

Baca juga: Bandingkan Fitur Stargazer dan Veloz, Mana yang Lebih Canggih?

Toyota VelozKompas.com/AdityoWisnu Toyota Veloz

Mengingat, rata-rata kepemilikan mobil baru di Indonesia ialah lima tahun atau setelah masa garansi resmi habis. Di atas itu, kebanyakan pemilik melakukan pergantian kendaraan baru yang serupa atau naik kelas.

Pada aspek pertama yang redaksi hitung ialah kisaran pengeluaran untuk BBM kedua mobil tersebut dengan estimasi digunakan sehari-hari. Parameternya, ialah mencapai 100.000 kilometer (km) untuk penggunaan hingga lima tahun.

Berdasarkan pengetesan sebelumnya, didapati bahwa konsumsi BBM Veloz saat digunakan di jalur perkotaan yang padat kendaraan, mencapai 10,2 Kilometer per liter (kpl). Angka itu diperoleh berdasarkan pengujian full to full.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Stargazer Vs Veloz di Jalur Perkotaan

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Maka, bila pemakaian sampai 100.000 Km dengan penggunaan jenis BBM-nya RON 92 atau setara Pertamax (Rp 13.900 per liter), kocek yang perlu disiapkan pemilik, ialah Rp 135.608.400.

Sementara untuk Stargazer dengan metode perhitungan yang sama biaya yang harus dikeluarkan Rp 143.892.340. Lebih besar memang, karena konsumsi BBM mobil keluarga terbaru merek Korea Selatan ini ialah 9,6 kpl.

Namun soal perawatan berkala, Stargazer jauh mengungguli Veloz karena ada program gratis biaya servis dan jasa sampai tahun keempat. Sehingga, total biaya perawatan sampai lima tahun hanya Rp 1.029.882.

Baca juga: Komparasi Kenyamanan Kia Carens dengan Hyundai Stargazer

Sedangkan Veloz, pembebasan biaya perawatannya hanya 10.000-50.000 km saja. Terlepas dari itu, beban perawatan ditanggung konsumen sepenuhnya, sehingga sampai 100.000 km biaya yang perlu disiapkan Rp 8.413.700.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.