Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, karena merupakan bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan atau aspal.

Maka dari itu, kondisinya harus selalu rutin diperhatikan. Khususnya, jika kendaraan tersebut lama tidak dipakai atau diparkir untuk waktu yang lama.

Ketika lama tidak dipakai, pemilik kendaraan harus mengecek dengan teliti berbagai komponen kendaraan saat akan memakainya kembali. Misalnya, kaki-kaki, cakram, hingga kampas rem.

Ada dampaknya sendiri buat ban mobil, jika ban lama terparkir dan tidak digunakan, yaitu munculnya flat spot. Flat spot merupakan kondisi di mana tapak ban mengalami kerusakan atau keausan akibat tekanan secara terus menerus pada bagian ban yang sama.

Baca juga: Apakah Benar Ban Profil Tipis Bikin Handling Mobil Stabil?

Selain itu, kondisi ban yang dingin karena cuaca, serta kondisi ruang penyimpanan yang lembab juga bisa menjadi penyebab tekanan udara pada ban cepat berkurang.

Hal ini dijelaskan oleh National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono.

"Secara fisik ban yang mengalami flat spot susah untuk diketahui (karena bagian yang mengalami flat spot berada di bagian yang berkontak langsung dengan jalanan). Saat mengemudi, Anda bisa merasakan getaran, handling yang tidak nyaman, hingga dentuman halus," ucap Apri dikutip dari keterangan resmi, Kamis (20/10/2022).

Ilustrasi ban mobil, ban HankookDok. Hankook Ilustrasi ban mobil, ban Hankook

Jika sudah mengalami flat spot permanen, maka ban harus diganti dengan yang baru. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya flat spot pada ban kendaraan.

Yang pertama, pemilik kendaraan bisa menggunakan penyanggah ban jika kendaraan sedang tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Penyanggah ban dapat membuat ban tersebut tetap bertahan pada bentuk aslinya dan tidak terbeban pada satu titik tumpu saja.

Saat menggunakan penyanggah ban, hindari kontak langsung dengan sinar matahari. SInar UV dapat merusak dan membuat ban menjadi kering.

Baca juga: Mitsubishi XFC Concept Pesaing HR-V dan Creta Bakal Ada Versi Hybrid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.