Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Desain Eksterior Stargazer vs Veloz

Kompas.com - 18/10/2022, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan merupakan salah satu faktor penentu dalam pembelian suatu mobil keluarga karena setiap produk, menghadirkan karakteristiknya tersendiri. Tak terkecuali, low multi purpose vehicle (LMPV) baru Hyundai Stargazer.

Apalagi, mobil asal Korea Selatan yang sudah dirakit di dalam negeri ini punya harga pasaran yang cukup kompetitif yaitu 307,1 juta pada varian tertingginya, dengan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Dengan dasar tersebut, redaksi Kompas.com mecoba melakukan perbandingan langsung antara Stargazer dengan salah sat pesaing terkuat di segmen LMPV, Toyota Veloz yang dihargai sampai Rp 331 juta.

Baca juga: Akselerasi Mobil Matik Berat, Cek Kondisi Kampas Koplingnya

Toyota All New VelozDok. TAM Toyota All New Veloz

Bicara soal dimensi, Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya, mencapai 2.780 mm. Sayangnya, tidak disebutkan berapa jarak terendah ke tanahnya.

Sementara Veloz, panjangnya 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tingginya 1.700 mm. Jarak sumbu rodanya 2.750 mm.

Artinya, Stargazer tidak cukup tinggi dan lebar dari Veloz tetapi lebih lebar 30 mm, membuat ruang interiornya lebih lega. Hanya saja, radius putar mobil ini sedikit lebih jauh sekitar 5 mm.

Pada tampilannya, desain Stargazer bertipologi sleek one box dengan one curve design yang sarat atas kemewahan, agresifitas, dan minimalis.

Baca juga: Mengenal Proses Overhaul Transmisi Mobil Matik

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuHMID Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

Kemudian desain lampu DRL yang memanjang dari sisi kiri sampai kanan pun cukup memberikan kesan tersendiri. Perseroan menyebut, desain ini mencerminkan negara Indonesia yang terletak di garis katulistiwa.

Pada bagian belakangnya, tidak kalah mencolok. Dengan penyematan distinctive H rear lamp, mobil menjadi pembeda dari kendaraan lainnya meski dari kejauhan. Namun jenis lampu belakang mobil masih halogen.

Adapun pada bagian kaki-kaki, Stargazer menggunakan profil ban 185/65 dengan ukuran pelek 15 inci Alloy Wheels.

Baca juga: Adu Kenyamanan Berkendara Hyundai Stargazer Vs Toyota Veloz

Toyota All New VelozDok. TAM Toyota All New Veloz

Sementara Veloz, memiliki desain eksterior yang lebih dinamis dan sporty khas mobil Jepang. Kesan kokohnya tercipta dari desain bumper depan yang bolt dengan desain headlamp LED tajam, dibalut panel krom dan hitam pada grill.

Beranjak ke sisi belakang, New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp membuat kendaraan terlaris dari Toyota ini tampil lebih modern dan lebar.

Untuk kaki-kaki mobil, Veloz memiliki profil ban 195/60 dengan pelek 16 inci Allow Wheels. Sehingga tampak gagah dan dinamis, siap melibas berbagai medan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com