Kompas.com - 18/10/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia otomotif terus mengalami kemajuan yang pesat. Ini ditandai dengan kemunculan kendaraan-kendaraan dengan berbagai fitur canggih dan peralihan mobil bertenaga bahan bakar minyak (konvensional) menjadi tenaga listrik.

Kondisi ini pun mendapatkan perhatian khusus dari pabrikan mobil asal Amerika, Jeep, yang mulai serius untuk menyajikan kendaraan listriknya.

Hal ini ditandai dengan penampilan perdana mobil listrik Jeep Avenger pada ajang Paris Motor Show 2022.

Baca juga: Pebalap Gresini Racing Optimistis Masih Punya Peluang Jadi Juara Dunia

SUV kompak yang dirancang untuk pasar Eropa ini berbasis Stellantis, yang mampu menempuh jarak hingga 400 km (249 mil) berdasarkan WLTP.

Jika dilihat secara eksterior, desain mobil listrik ini masih memiliki nuansa Jeep klasik, yang menampilkan grill tujuh slot, lengkap dengan lampu LED. Selain itu, pelek alloy dengan diameter 18 inci meningkatkan proporsi, ditambah dengan sepatbor yang membuat tampilannya lebih berisi.

Jeep AvengerCarscoops Jeep Avenger

Sementara pada sektor interior, Jeep Avenger dibekali dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci, menggabungkan infotainment Uconnect terbaru yang kompatibel dengan Apple CarPlay nirkabel dan kompatibilitas Android Auto.

Dilansir dari Carscoops, Senin (17/10/2022), Jeep Avenger didasarkan pada arsitektur eCMP, sama seperti Peugeot e-2008 , Opel Moka-e , dan Citroen DS3 E-Tense. Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik 400 volt yang dipasang di depan dan menghasilkan tenaga 154 hp (115 kW/156 PS) serta torsi 260 Nm (191,8 lb-ft).

Jeep mengklaim bahwa jangkauan WLTP adalah 400 km (249 mil) sampai 550 km (342 mil), sehingga cukup efisien digunakan di perkotaan maupun luar kota.

Adapun soal pengisian daya, jika menggunakan kabel Mode 4 100 kW dan pengisi daya cepat, baterai dapat mengisi daya dari 20-80 persen dalam 24 menit, atau menambah jangkauan 30 km (19 mil) dalam tiga menit.

Jeep AvengerCarscoops Jeep Avenger

Sedangkan, saat dicolokkan menggunakan kabel Mode 3 11 kW, pengisian penuh membutuhkan waktu 5,5 jam.

Menyoal fitur keselamatan, Jeep Avenger dibekali dengan beberapa fitur canggih seperti Traffic Jam Assist, Blind Spot Monitoring, Adaptive Cruise Control, Lane Centering, dan Active Park Assist.

Baca juga: Lewat Pameran, Jeep Coba Goda Konsumen Indonesia

Jeep Avenger akan diproduksi di pabrik Stellantis di Tychy, Polandia, menyusul investasi terbarunya. Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut terkait dari harga Jeep listrik ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.