Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Soal Pertalite Boros, Belum Ditemukan Adanya Penurunan Spesifikasi

Kompas.com - 18/10/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sempat ramai berita soal keluhan Pertalite yang boros usai harganya naik menjadi Rp 10.000.

Kualitas Pertalite dianggap turun sehingga mudah menguap dan boros. Namun sejauh ini, dari hasil uji mutu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), belum ditemukan adanya penurunan spesifikasi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan mutu BBM dengan cara melakukan uji sampel dari berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Proses pengujian diklaim terus berjalan. Tutuka menjelaskan, sampel Pertalite yang diambil dari beberapa SPBU diuji oleh LEMIGAS secara teknis sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Baca juga: Banyak yang Belum Dapat QR Code BBM Subsidi, Ini Masalahnya

"Kita uji di LEMIGAS dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan ternyata dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on spec. Tidak ada yang off spec," ucap Tutuka, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Senin (17/10/2022).

Proses QC BBM PertaminaPERTAMINA Proses QC BBM Pertamina

Pemerintah juga terus melakukan pengujian mutu BBM dari SPBU-SPBU lainnya. Hasilnya nanti akan disampaikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas Ariana Soemanto menjelaskan, hasil pengujian Pertalite di beberapa SPBU untuk tahap awal sudah dilakukan dengan salah satu parameter angka oktan (RON).

Berdasarkan pengujian tersebut, sejauh ini diklaim hasilnya tidak ada yang di bawah 90 atau masih sesuai dengan spesifikasi.

Baca juga: Pendaftar BBM Subsidi Capai 2,8 Juta, Kapan Pembatasannya Diterapkan?

Tangkapan layar unggahan foto disebut perbandingan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite lama dengan yang baru.DOK. FACEBOOK Tangkapan layar unggahan foto disebut perbandingan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite lama dengan yang baru.

"Semuanya di atas RON 90 yaitu kisaran 90,1 sampai dengan 90,7. Pengujian ini terus dilakukan secara lebih luas lagi ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi," kata Ariana.

Diketahui untuk tahap awal, sampe Pertalite diambil dari enam SPBU di berbagai wilayah di Jakarta, yakni Lenteng Agung, Taman Mini (2 SPBU), Abdul Muis, Sunter, dan di S.Parman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke