Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Elektrifikasi Diklaim Mampu Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja

Kompas.com - 18/10/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa industri kendaraan bermotor listrik atau electric vehicle (EV) berpeluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para generasi muda di Indonesia.

Oleh karenanya, ia meminta infrastruktur mobil dan motor listrik harus selalu didorong agar rencana percepatan era elektrifikasi dapat dicapai. Terlebih di sektor kendaraan roda dua, peluang Indonesia sangatlah besar.

"Ini kesempatan dengan adanya baterai listrik yang mungkin kita bukan ahli mesin, tidak perlu membuang waktu lagi. Kita intervensi dengan baterai kendaraan listrik," kata Erick dalam acara SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, seperti disiarkan YouTube Kementerian BUMN, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Wuling Air EV Tekuk Ioniq 5

Ilustrasi kendaraan listrik.(Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo) Ilustrasi kendaraan listrik.

"Ke depan siapa tahu yang biasa membuat mobil dan motor kustom menjadi lapangan pekerjaan baru karena tinggal membeli baterai listriknya saja. Ini yang harus kita pikirkan," lanjut Erick.

Di samping itu, industri kendaraan listrik nasional juga dapat mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) secara signifikan di Indonesia sehingga alokasi biaya impor dan subsidi bisa lebih efektif.

Apalagi, Indonesia juga sudah sukses dengan program pencampuran BBM jenis solar dengan bahan bakar nabati, yang dinamakan biodiesel B30 dan menuju B40. Indonesia menjadi negara yang satu-satunya berhasil dengan langkah tersebut.

"Kalau ada mobil-motor listrik, ada ethanol, ada B40, kita harapkan apa? Kebutuhan impornya bisa tidak meningkat," kata dia.

Perusahaan BUMN juga bergerak cepat untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik. PLN misalnya, saat ini sudah memiliki 150 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 120 lokasi.

Baca juga: Mobil Pelat Dewa Pakai Rotator Minta Jalan, Jangan Mau Minggir

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

Sebelumnya, Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury menyatakan, penggunaan sepeda motor listrik bagi masyarakat dapat menghemat biaya operasional sekitar Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per tahun.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga akan mendapatkan manfaat dalam bentuk penghematan sebesar Rp 1 juta sampai Rp 1,2 juta per tahun dengan asumsi rata-rata masyarakat mengisi BBM lebih kurang enam liter per minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.