Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Interior Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 10/10/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer dipasarkan mulai Rp 243,2 juta hingga Rp 307,1 juta. Mobil ini akan bersanding langsung dengan low multi purpose vehicle (LMPV) sekelas lainnya, seperti Mitsubishi Xpander.

Selain menyoal tampilan, bagian interior kerap kali menjadi perhatian bagi para konsumen saat memilih kendaraan, khususnya mobil keluarga di Indonesia. Apalagi, jika mobil itu digunakan sebagai transportasi harian.

Mengacu kepada harga, berikut komparasi interior antara Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Komparasi Desain Eksterior Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander

Untuk nuansa interior, baik Stargazer pendekatannya lebih kepada kendaraan keluarga modern. Sebaliknya, Xpander tampil lebih sporty dan dinamis dengan sensasi gelap.

Interior Hyundai StargazerHMID Interior Hyundai Stargazer

Adapun lingkar kemudi ketiga mobil ini sudah bisa diatur baik tilt maupun telescopic sehingga bisa mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis.

Pada speedometer, MPV terbaru Hyundai sudah menggunakan layar TFT berukuran 4.2 inci. Sebaliknya, Xpander lebih konvensional dengan adanya MID di bagian tengah.

Secara umum, kedua mobil ini mengusung konsep desain yang berbeda. Baik Stargazer maupun Xpander meletakan head unit floating tapi bentuk dan desainnya ada ciri khas sendiri.

Perbedaan paling mencolok terletak pada kursi baris kedua. Xpander memiliki konfigurasi kursi baris kedua konvensional dengan armrest di bagian tengahnya.

Interior Mitsubishi XpanderDok. MMKSI Interior Mitsubishi Xpander

Sementara Stargazer menggunakan tempat duduk captain seat untuk penumpang baris kedua. Hal ini cukup jarang ditemukan pada kelas MPV murah, tercatat hanya Wuling yang menawarkan fitur sama yaitu Cortez.

Menariknya, kursi belakang Stargazer bisa diberikan meja serbaguna karena cukup lapang. Namun, kapasitas penumpangnya tidak bisa menjadi 7 orang, maksimum hanya 6 penumpang saja tak seperti Xpander.

Baca juga: Beban Bagnaia Jadi Suksesor Rossi

Secara keseluruhan, kedua mobil ini sama-sama menyajikan kenyamanan khas mobil keluarga, hanya saja dengan nuansa yang berbeda.

Jika Anda menginginkan nuansa interior lebih modern bisa memilih Stargazer. Namun, jika menyukai interior dengan tampilan yang lebih sporty dan dinamis bisa menjatuhkan pilihan pada Xpander.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com