Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Air Hujan Bisa Sebabkan Tarikan Mesin Mobil Jadi Loyo

Kompas.com - 10/10/2022, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Oleh sebab itu pengendara mobil perlu meningkatkan kewaspadaan selama berkendara.

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan kelengkapan kendaraan sebelum berkendara, salah satunya memastikan air hujan tidak akan mengganggu performa mesin.

Seperti yang diketahui, di dudukan mulut tangki bahan bakar dilengkapi dengan lubang ventilasi sebagai aliran air. Sehingga, ketika hujan turun tidak ada air yang terjebak di cekungan dudukan mulut tangki.

Baca juga: Mobil Sering Lewat Genangan Air, Cek Bearing Roda

Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.DOK. ISTIMEWA Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Budi Santoso, mengatakan pada musim hujan pengendara perlu meningkatkan kewaspadaan, salah satunya perlu memeriksa ventilasi di dudukan mulut tangki bahan bakar.

“Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk menghadapi musim hujan adalah memastikan lubang di dudukan mulut tangki bahan bakar tidak tersumbat,” ucap Budi kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).

Dia mengatakan lubang di rumah mulut tangki tersebut biasanya tersumbat sehingga membuat air hujan terkumpul hingga masuk ke dalam tangki bahan bakar.

Baca juga: Pemotor Wajib Waspada, Ada Bahaya Tersembunyi saat Lewati Genangan Air

Sejumlah pengendara berusaha menerobos genangan air di Jalan Stasiun, Medan. KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALI Sejumlah pengendara berusaha menerobos genangan air di Jalan Stasiun, Medan.

 

“Bila air terkumpul, itu akan membuatnya bisa masuk ke tangki bahan bakar lewat celah tutup tangki bahan bakar, yang akhirnya membuat performa mesin menurun,” ucap Budi.

Dia mengatakan bila air ikut tersedot oleh pompa bensin, maka mesin akan bermasalah.

“Ketika bahan bakar tidak murni, atau ada campuran airnya, maka hal itu akan membuat mesin menjadi tidak bertenaga, atau biasanya disebut loyo, hal itu bisa terjadi lantaran bensinnya kurang dari yang dibutuhkan,” ucap Budi.

Baca juga: Banyak Genangan Air, Bahaya Water Hammer Mengintai Skutik

Trik colt diesel bermuatan es balok mogok sekitar lima jam saat berusaha menerobos banjir yang terjadi di penurunan pertigaan Jalan Aria Putra, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (6/10/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Trik colt diesel bermuatan es balok mogok sekitar lima jam saat berusaha menerobos banjir yang terjadi di penurunan pertigaan Jalan Aria Putra, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (6/10/2022).

Dia menjelaskan ketika jumlah bahan bakar lebih sedikit dari yang ditentukan, maka tenaga mesin menjadi loyo.

“Injektor tidak bisa mendeteksi jumlah bahan bakar yang diinjeksikan, tahunya setiap yang mengalir dalam saluran bahan bakar adalah murni tidak ada zat asing, sehingga hal itu membuat tenaga mesin menjadi loyo” ucap Budi.

Dia juga menjelaskan tidak hanya tenaga mesin yang loyo, air yang berada di saluran bahan bakar bisa membuat mobil mogok.

Baca juga: Waspada Motor Starter Rusak Setelah Mobil Menerjang Genangan Air

Belasan kendaraan bermotor nampak mengambil jalur sebelah kanan untuk menghindari genangan air di Jalan RE Martadinata, Pademangan Jakarta Utara pada Sabtu (6/11/2021). KOMPAS.COM/ IRA GITA Belasan kendaraan bermotor nampak mengambil jalur sebelah kanan untuk menghindari genangan air di Jalan RE Martadinata, Pademangan Jakarta Utara pada Sabtu (6/11/2021).

“Bahkan kalau jumlah bensinnya mendekati nol, sementara airnya saja yang terpompa ke dalam ruang bakar maka mesin bisa menjadi mogok, ditandai dengan mobil susah hidup, atau brebet,” ucap Budi.

Jadi, ketika musim hujan datang sebaiknya pengendara memastikan bahwa lubang ventilasi di mulut tangki bahan bakar tidak tersumbat. Jika ada sumbatan, biasanya hanya debu, atau kotoran itu bisa hilang dengan dicolok saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com