Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akselerasi Kia Carens 1.400 cc Turbo, Kencang!

Kompas.com - 10/10/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens yang baru saja diperkenalkan pada GIIAS 2022 ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pertama, 1.500 cc NA yang dibanderol Rp 389 juta dan kedua, 1.400 cc Turbo dengan harga Rp 449 juta.

Secara harga, Kia Carens dengan mesin turbo memang cukup tinggi. Namun, performa yang ditawarkan mesin Kappa turbo tersebut juga tidak main-main.

Mesin 1.400 cc atau tepatnya 1.353 cc yang dipasangi turbo menghasilkan tenaga 140 PS atau 138 TK di 6.000 rpm. Sedangkan torsinya ada di rentang 1.500 rpm sampai 3.200 rpm sebesar 242 Nm.

Baca juga: Kia Carens Kena Recall di India, Bagaimana di Indonesia?


Tenaga ini disalurkan ke roda depan dengan transmisi dual clutch 7 percepatan. Tersedia juga mode sport yang memberi rasa berkendara lebih agresif.

Redaksi Kompas.com sedang meminjam Kia Carens varian 1.400 cc turbo dan sudah mengetes performanya memakai alat racelogic yang berbasis GPS.

Hasilnya, Kia Carens dapat berakselerasi dari 0-60 Kilometer per jam (Kpj) dalam 5,1 detik. Sedangkan untuk akselerasi dari 0-100 Kpj, bisa ditempuh dalam 10,9 detik saja.

Baca juga: Plus Minus Aturan STNK Diblokir Sampai Kendaraan Jadi Bodong

Hasil tes akselerasi Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hasil tes akselerasi Kia Carens

 

Kondisi pengetesan, Carens menggunakan mode sport dan traction control dibiarkan menyala. Hasil tersebut bisa dibilang masih bagus, transmisi kopling ganda bisa menyalurkan tenaganya dengan baik.

Meski bukan apple to apple, tapi kalau dibandingkan dengan Toyota Innova Venturer yang juga mengisi segmen MPV menengah, Kia Carens lebih unggul. Saat pengujian sebelumnya, Innova Venturer menggunakan mesin diesel, bertenaga 147 TK dan torsi 342 Nm.

Innova mencatatkan waktu akselerasi 0-60 kpj dalam 6,1 detik, sedangkan untuk 0-100 kpj dalam waktu 13,1 detik. Selisih waktunya antara Carens dan Innova cukup jauh, satu detik di 0-60 kpj dan 2,1 detik di 0-100 kpj.

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Bisa dibilang, ketika digunakan di jalanan perkotaan tenaga yang dimiliki Carens terbilang cukup. Memanfaatkan mode yang ada, Carens di mode normal sudah sangat mumpuni dipakai harian.

Ketika redaksi coba di mode eco, rasanya respon gas terlalu lemot untuk pemakaian di kondisi macet. Sedangkan di mode sport, rpm dirasa cukup tinggi serta respons gas terlalu sensitif.

Namun saat di jalan tol, mode sport sangat menyenangkan, Carens dengan mudah diajak berjalan dalam kecepatan tinggi. Namun sebenarnya, di mode normal juga sudah mencukupi kebutuhan salip-menyalip di jalan tol yang lengang.

Jadi dengan harga Rp 449 juta, performa yang juga baik, Kia Carens bisa jadi pilihan kendaraan multiguna keluarga Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.