Kia Carens Kena Recall di India, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 09/10/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan Kia Carens di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus lalu. Mobil ini digadang-gadang bakal jadi pesaing dari Toyota Innova.

Belum lama dirilis untuk pasar Tanah Air, baru-baru ini Kia mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap Carens di India.

Dikutip dari Livemint, Minggu (8/10/2022), setidaknya ada 44.174 unit Carens yang harus ditarik kembali di pasar India. Hal ini lantaran pabrikan menemukan adanya potensi masalah pada airbag control unit (ACU) software pada airbag.

Baca juga: Ada Masalah pada Airbag, Kia Carens Kena Recall

Lantas apakah ada kemungkinan dilakukan recall Kia Carens untuk unit Indonesia, mengingat mobil ini didatangkan langsung dari India alias Completely Build Up (CBU).

Terkait hal ini, Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kia mengatakan, belum mendapat info dari prinsipal terkait recall Kia Carens di Indonesia.

Kia Carens 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kia Carens 2022

“Belum ada informasi dari principal mengenai Carens yang diekspor dari India,” ucap Ario kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).

Sebagai informasi, Kia Carens yang meluncur di Indonesia hadir dengan dua pilihan mesin , yaitu mesin Kappa 1.4 liter turbo yang menghasilkan tenaga 138 tk dengan torsi 241 Nm yang dikawinkan melalui transmisi otomatis (DCT) 7 percepatan.

Sementara pilihan kedua mesin Smartstream Gamma II 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 113 tk serta torsi 144 Nm yang disandingkan transmisi intelligent VT.

Tampilan eksterior Kia Carens nampak sporty layaknya SUV yang memikat. Mobil ini memiliki desain yang berani dan dinamis. Ciri khas bumper Tiger Nose masih terlihat di bagian depan.

Interior Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Interior Kia Carens

Soal fitur keselamatan, Carens dilengkapi dengan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan seluruh penumpangnya.

Sementara untuk kenyamanan, penumpang di dalam akan dimanjakan dengan kehadiran ambient light dengan mode pilihan 64 warna di dalam kabin.

Baca juga: Ini Jalan Tol Tertua di Indonesia

Selain itu, terdapat juga sunroof dengan tilt and slide mode. Kemudi masih ada sistem hiburan dengan layar sentuh 10,25 inci. Pada fitur tersebut, terdapat konektivitas Apple Carplay dan Android Auto dengan sistem audio premium lansiran Bose dengan 8 speaker.

Bicara soal harga, Kia Carens 1.4 L Turbo DCT Captain Seat dibanderol Rp 449 juta dan Kia 1.5 L IVT 7 Seater seharga Rp 389 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.