Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Waspada, Motor Keyless Tetap Rawan Dicuri

Kompas.com - 10/10/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini aksi pencurian sepeda motor sudah cukup canggih. Dalam hitungan detik, maling sudah bisa mengambil motor yang diincar, meski mayoritas motor keluaran baru sudah mengusung teknologi keyless dan smart key.

Aksi mereka biasanya hanya bermodalkan sebuah instalasi elektrikal sederhana yang berfungsi untuk membuka akses kunci motor, dengan melakukan bypass ECU motor.

Supriyanto, pemilik bengkel spesialis kelistrikan Abdigas Motor, mengatakan, motor keluaran pabrik yang sudah menggunakan keyless sangat mungkin untuk dicuri.

Baca juga: Netizen Heboh Lubang Tangki Nissan Grand Livina Keropos

Oknum aparatur sipil megara (ASN) yang diduga terlibat dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) bersama satu tersangka lainnya, ditangkap Tim Resmob Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sulawesi Utara, pada Selasa (20/9/2022).Dok. Polda Sulut Oknum aparatur sipil megara (ASN) yang diduga terlibat dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) bersama satu tersangka lainnya, ditangkap Tim Resmob Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sulawesi Utara, pada Selasa (20/9/2022).

“Kalau dicuri sangat bisa, khususnya untuk PCX 150. Itu walaupun dalam keadaan dikunci setang, dan bisa diambil dalam waktu kurang dari 20 detik,” ujar Supriyanto, kepada Kompas.com (8/10/2022).

Menurut Supriyanto, motor keyless yang berhasil dibobol, mesinnya tidak bisa menyala. Jadi pelaku bakal mendorong atau menyetut motor sampai lokasi yang ditentukan untuk mengamankan kendaraan tersebut.

“Jadi hanya didorong saja. Tapi didorong pun enggak bikin curiga orang, karena kalau ditanya kenapa, tinggal bilang mogok,” ucap Supriyanto.

Baca juga: Tidak Lagi Gratis, Ini Tarif Tol Serpong-Balaraja

“Karena kelistrikan semua hidup, baik klakson, lampu sein, spidometer, semua nyala. Hanya mesin yang enggak bisa nyala,” kata dia.

Sementara itu, Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, konsumen bisa melakukan beberapa cara untuk menghambat pencurian motor.

“Untuk tips-tipsnya masih sama seperti yang pernah kita sampaikan ke pemilik sepeda motor,” ujar Endro, kepada Kompas.com (9/10/2022).

Baca juga: Plus Minus Aturan STNK Diblokir Sampai Kendaraan Jadi Bodong

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key SystemDok. AHM Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key System

Salah satunya dengan mengarahkan posisi setang motor ke arah kanan saat parkir. Sebab, posisi setang motor ke arah kanan dapat mempersulit ruang gerak pencuri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.