Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 10:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia kedatangan produk baru asal merek Korea Selatan. Kia sudah resmi menjual Carens sejak GIIAS 2022.

Carens terbaru ini bisa dibilang cukup total perubahannya. Kalau dilihat dari generasi sebelumnya, Carens mengalami perubahan konfigurasi bangku, dari yang cuma dua baris jadi tiga.

Oleh karena itu, secara desain eksterior pun berubah total. Kini mobil tersebut punya dimensi panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm, dengan tampilan yang lebih menarik.

Baca juga: Mobil Listrik Kia EV6 GT Meluncur, Harga Rp 1 Miliaran


Pada bagian depan, terlihat jelas ukuran lampu yang sangat besar, terutama bagian ornamen berwarna hitam yang menyambung. Secara susunan, lampu LED bagian atas yang seperti alis berfungsi sebagai DRL dan lampu utama di bawahnya.

Model lampu yang cukup besar ini punya peran besar pada desain bagian depan Carens. Belum lagi bentuk bumper depan cukup sederhana dengan ventilasi besar untuk pendinginan mesin.

Uniknya, pada bagian bawah ada fog lamp yang tersembunyi. Jadi model lampu LED tersebut dibuat menyatu dengan desain bumper, memberi kesan bersih tanpa ada bentuk yang nyeleneh.

Baca juga: Cicilan Motor Listrik Alva One Mulai Rp 470.595 per Bulan

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Beralih ke bagian samping, Carens menggunakan pelek dual tone 16 inci. Kemudian di atas rumah roda, dipasang juga body cladding berwarna hitam khas gaya cross-over, bahkan sampai di pintu.

Lalu, ada juga ornamen krom yang manis, ditarik dari bagian kaca paling belakang sampai ke depan. Untuk memperkuat kesan tangguh, dipasang juga roof rail di atap yang sayangnya cuma hiasan, tidak bisa diberi beban.

Beralih ke bagian belakang, Carens punya tampilan yang cukup agresif. Pertama di atapnya terpasang spoiler, lalu bentuk lampu kombinasi yang LED juga cukup tegas, dengan bentuk LED bar yang tajam-tajam.

Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kia Carens

Kemudian di bagian bumper, dipasang juga aksen krom yang menyambung dari sisi kiri ke kanan. Lalu di bagian bawahnya, ada rear fog lamp yang bisa digunakan saat mobil melalui jalanan berkabut.

Kia Carens terbaru yang dites merupakan model dengan mesin 1.400 cc turbo. Untuk harganya, Rp 449 juta On The Road DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.