Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ruas Tol Termahal di Indonesia

Kompas.com - 09/10/2022, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara melewati jalan tol akan dikenakan tarif begitu di gerbang tol. Jumlah jalan tol di Indonesia saat ini ada banyak dengan tarif yang berbeda-beda. Bahkan, ada pula tarif tol paling tinggi atau termahal.

Jalan bebas hambatan di Pulau Jawa, yakni enam ruas tol dalam kota yang saat ini telah beroperasi untuk segmen tol Pulogebang-Kelapa Gading saat ini menjadi jalan tol termahal di Indonesia.

Baca juga: Motor Ducati Lebih Kencang tapi Quartararo Bisa Melawan

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan jika tarif tol tersebut Rp 2.167/Km.

“Jalan Tol dengan tarif paling tinggi di Pulau Jawa adalah 6 Ruas Tol Dalam Kota yang saat ini telah beroperasi untuk segmen Pulogebang-Kelapa Gading dengan biaya Rp 2.167/Km,” kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas mengapa ruas jalan tol Pulogebang-Kelapa Gading memiliki tarif yang mahal?

Danang menyebutkan jika itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan besaran tarif tol didapatkan berdasarkan kemampuan pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan (BKBOK), dan kelayakan investasi.

Baca juga: Kenapa Masih Belum Ada Bus AKAP Pakai Bus Listrik?

Menurut Kementerian PUPR, bakal ada 13 ruas jalan tol beroperasi hingga akhir 2022.Dok. Kementerian PUPR Menurut Kementerian PUPR, bakal ada 13 ruas jalan tol beroperasi hingga akhir 2022.

“ Mengingat biaya investasi yang tinggi pada 6 Ruas Tol dalam kota akibat pembangunan jalan tol yang seluruhnya menggunakan konstruksi elevated, maka untuk menjaga kelayakan investasi dibutuhkan besaran tarif Rp. 2.167/km,” kata Danang.

Besaran tarif tersebut juga telah mempertimbangkan kemampuan bayar pengguna jalan tol di daerah DKI Jakarta dan BKBOK.

Tol Pulogebang-Kelapa Gading ini beroprasi sejak 24 Agustus 2021. Saat itu, Presiden RI Joko Widodo meresmikan tol Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 Km ini secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com