Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap Multi Purpose Vehicle (MPV) Carens di India.

Dikutip dari Livemint, Minggu (8/10/2022), setidaknya ada 44.174 unit Carens yang harus ditarik kembali di pasar India. Hal ini lantaran pabrikan menemukan adanya potensi masalah pada airbag control unit (ACU) software pada airbag.

Produsen otomotif asal Korea Selatan itu juga sudah membuat pernyataan resmi dan meminta konsumen untuk segera datang ke diler agar kendaraannya bisa dilakukan pengecekan.

Baca juga: Apakah Motor Listrik Boleh di Cuci Steam?

Pemilik kendaraan juga diminta menghubungi pusat layanan resmi Kia di India untuk menjadwalkan pemeriksaan demi keselamatan. Kia menyebut, bahwa tidak ada biaya untuk pengecekan dan penggantian komponen.

“Perusahaan telah memutuskan untuk secara sukarela menarik kendaraan untuk diperiksa dan jika diperlukan, pembaruan perangkat lunak akan diberikan secara gratis,” tulis pernyataan resmi Kia.

Kia Carens 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kia Carens 2022

Di India, Kia Carens sudah meluncur sejak Februari lalu. Dalam waktu dua bulan, rival dari Toyota Innova ini diketahui sudah melampaui 50.000 pemesanan.

Sebagai informasi, Kia Carens hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin Kappa 1.4 liter turbo yang menghasilkan tenaga 138 tk dengan torsi 241 Nm yang dikawinkan melalui transmisi otomatis (DCT) 7 percepatan.

Baca juga: Kapan Daihatsu Segarkan Tampilan Terios Lagi?

Sementara pilihan kedua mesin Smartstream Gamma II 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 113 tk serta torsi 144 Nm yang disandingkan transmisi intelligent VT.

Di pasar India, mobil ini dibanderol mulai Rp 9,59 lakh atau Rp 196 jutaan, atau

Adapun menyoal fitur keselamatan, Kia Carens sudah dilengkapi dengan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan penumpangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.