Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Macet Usai Hujan, Cek Kondisi Lalu Lintas Sebelum Perjalanan

Bahkan imbas hujan deras di wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan titik macet di beberapa daerah hingga malam hari.

Untuk menghindari kemacetan imbas dari curah hujan yang tinggi, pengguna kendaraan bisa memantau situasi jalan dengan beberapa cara.

Cara pertama yang paling sering dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor untuk melihat kondisi lalu lintas secara real-time adalah lewat aplikasi peta, seperti Google Maps atau Waze.

Umumnya ketika menggunakan Google Maps maupun Waze sebagai penunjuk navigasi maka akan muncul warna kode warna oranye, biru, hijau, dan merah di jalur yang dipilih. Kode warna inilah yang menjadi penunjuk kondisi lalu lintas disaat itu.

Jika muncul warna merah, berarti ada penundaan lalu lintas saat macet. Ketika warna merah semakin terlihat gelap, artinya kecepatan lalu lintas semakin lambat.

Pada kedua aplikasi peta tersebut biasanya akan disediakan rute alternatif untuk menghindari kemacetan yang terjadi di rute utama. Sehingga pengguna kendaraan bermotor bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

Selain Google Maps dan Waze, pengguna kendaraan bermotor juga bisa memperoleh informasi kondisi lalu lintas melalui media sosial kepolisian TMC Polda setempat dan operator tol. Selain itu, khusus jalan bebas hambatan (jalan tol) dapat juga menyimak kondisi jalan lewat pantauan CCTV online.

Cara mengaksesnya, tinggal klik link ini dan pilih CCTV Tol pada kolom menu di atasnya. Apabila hendak mencari ruas non-tol juga ada, tetapi memang belum lengkap.

Dalam informasi ini juga tersedia tarif dan navigasi Tol, lengkap dengan perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Apabila ingin lebih luas lagi, bisa mendatangi situs milik Road Tol Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Informasi ini bersifat real time dari berbagai daerah. Setidaknya ada sekitar 40 CCTV yang bisa diakses, sehingga mengetahui kondisi jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/07/162429415/hindari-macet-usai-hujan-cek-kondisi-lalu-lintas-sebelum-perjalanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke