Mesin Mobil Harus Dalam Keadaan Mati Saat Cek Oli Pakai Dipstick

Kompas.com - 06/10/2022, 15:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Dipstick merupakan alat bantu untuk memeriksa ketersediaan volume oli pada mobil. Cara kerja dipstick yaitu dicelupkan pada tabung oli yang ada di dalam kap mesin mobil.

Pengukuran oli menggunakan dipstick harus dilakukan pada saat mesin mobil dalam keadaan mati.

Baca juga: Bahas Ubahan Teknis Pada Mesin New Honda CBR250RR

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan jika mesin mobil dalam keadaan mati lebih akurat untuk memeriksa oli.

“Sebaiknya mesin dalam keadaan dingin dan mesin mati, supaya lebih akurat dalam memeriksa level oli. Pada saat kondisi mesin dingin oli akan turun ke bawah ke bak penampungan oli,” kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (6/10/2022).


Lebih lanjut, Didi menyebutkan jika penggunaan dipstick untuk oli transmisi matik sama seperti saat memeriksa oli mesin.

Hanya saja, agar lebih akurat sebaiknya menggunakan dipstick untuk oli transmisi ada dua keadaan yaitu saat panas dan saat dingin. Pada kedua kondisi tersebut mesin mobil tidak menyala atau mati.


“Kondisi panas artinya mobil sudah dijalankan atau usai mesin sudah menyala. Sementara itu kondisi dingin artinya saat mesin mobil belum menyala atau belum di pakai,” kata Didi.

Didi menyebutkan jika untuk oli transmisi pada mobil ada yang dilengkapi dipstick dan ada yang tidak dilengkapi.

Bahkan, untuk mobil keluaran terbaru sudah banyak yang tidak dilengkapi. Padahal, alat ini berperan penting dalam memastikan ketersedian oli untuk performa mobil.

Baca juga: Kawasaki Pamerkan Motor Listrik EV Concept di Intermot 2022

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menambahkan, jika kedua cara tersebut untuk memastikan jumlah atau quantity oli sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

“Banyak banyak komponen di transmisi matik yang masih menyisakan oli saat mesin mati sebagai contoh torque converter. Maka dari itu oli transmisi matik harus diperiksa menggunakan dipstick pada saat kondisi panas dan dingin, urutannya sama dengan memeriksa oli mesin,” kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.