Jelang WorldSBK Indonesia, Kerb Sirkuit Mandalika Makin Mirip Misano

Kompas.com - 06/10/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika terus berbenah untuk menjadi tuan rumah Superbike World Championship (WSBK) musim 2022 yang bakal digelar pada pertengahan November mendatang.

Indonesia akan menjadi tuan rumah seri ke-11 WorldSBK musim 2022. Musim lalu, WSBK Mandalika menjadi seri penutup sekaligus balapan penentuan gelar juara dunia.

Baca juga: Desain Jadi Pertimbangan Orang Beralih ke Motor Listrik

Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba mengatakan, ada beberapa perbaikan yang dilakukan salah satunya perbaikan kerb atau gundukan gerigi yang berlokasi di pinggir lintasan sirkuit sudah rampung.

Suasana pembenahan sirkuit Mandalika menjelang event WSBK 2022HUMAS MGPA Suasana pembenahan sirkuit Mandalika menjelang event WSBK 2022

Gundukan gerigi yang awalnya punya lebar 1 meter, diperluas sedikit menjadi 1,5 meter, mirip dengan kerb di Sirkuit Misano Italia.

"Penggantian kerb dari yang biasa menjadi kerb Sirkuit Misano sudah selesai. Jadi, sebelumnya kerb di Sirkuit Mandalika itu kerb biasa, lebarnya 1 meter. Yang baru ini bertambah lebar, jadi 1,5 meter," kata Samsul dalam keterangan resmi, dikutip dari themandalikagp, Kamis (6/10/2022).

Perbaikan kerb di Sirkuit Mandalika dilakukan di tikungan 5 dan 6, dengan panjang keseluruhan 260 meter.

Baca juga: Cek Harga Ban Motor pada Oktober 2022

Pebalap tim Pata Yamaha with BRIXX Toprak Razgatlioglu melakukan selebrasi dengan stoppie setelah berganti wearpack dan helm warna emas pada Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) musim 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika, di Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021). Toprak keluar sebagai juara dunia baru meski tak menjuarai seri Mandalika. KOMPAS/RIZA FATHONI Pebalap tim Pata Yamaha with BRIXX Toprak Razgatlioglu melakukan selebrasi dengan stoppie setelah berganti wearpack dan helm warna emas pada Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) musim 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika, di Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021). Toprak keluar sebagai juara dunia baru meski tak menjuarai seri Mandalika.

Perbaikan kerb kata Samsul merupakan salah satu rekomendasi dari Dorna Sports dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM), sekaligus menjadi syarat untuk lulus homologasi grade A.

Samsul menyebut selain kerb, pelebaran runoff telah di aspal dua lapis. Sementara itu, perbaikan jalur lintasan yang diminta untuk diaspal ulang, MGPA menargetkan rampung 30 Oktober 2022.

"Untuk track, kami targetkan 30 Oktober sudah selesai," kata Samsul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.