Kompas.com - 06/10/2022, 10:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Beda dengan biasanyaberkendara saat musim penghujan kondisi jalan lebih licin dan berbahaya. Karena itu, pemilik mobil atau sepeda motor harus bisa menjaga kecepatan

Kondisi jalanan yang tergenang air membuat pengendara mudah kehilangan kontrol. Banyak kasus kecelakaan di jalan tol disebabkan mobil tergelincir.

Mobil yang melaju kecepatan tinggi tiba-tiba oleng dan terbalik. Hal tersebut tak lain karena aquaplaning yang membuat ban kehilangan daya cengkram saat melintas permukaan air.

Lantas bagaimana supaya aman? 

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Jangan Keseringan Parkir di Tempat Terbuka

Visibilitas kaca depan mobilKompas.com Visibilitas kaca depan mobil

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, dalam kondisi hujan pengemudi mobil wajib memperhatikan batas kecepatan maksimal.

"Traksi dan daya cengkram ban akan menurun ketika melewati jalanan tergenang air. Kemudi rawan mengalami oversteer dan gagal dikendalikan. Mobil seperti melayang di atas permukaan air," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022). 

Ketika ban depan mobil yang melintas di atas genangan, setir seperti tak bisa dikendalikan baik ke kiri atau kanan dan terjadi oleng.

Sementara, jika yang kehilangan traksi adalah ban belakang kanan atau kiri, bokong mobil berputar dan mobil bahkan sampai terbalik. 

  • Jaga Jarak 

Jarak aman berkendara di jalan tol harus diperhatikan ketika kondisi hujanDicky Aditya Wijaya Jarak aman berkendara di jalan tol harus diperhatikan ketika kondisi hujan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.