Kompas.com - 05/10/2022, 15:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil biasanya dilengkapi dengan defogger, yaitu komponen yang bertugas menghilangkan kabut atau embun di kaca sisi dalam.

Embun sering kali muncul di kaca bila terjadi perbedaan suhu luar dan di dalam kabin. Bila hal itu terjadi maka embun bisa menghalangi pandangan pengendara.

Maka dari itu, pada mobil dilengkapi dengan defogger yang sangat berguna ketika musim hujan datang. Biasanya, musim hujan kaca akan lebih mudah berembun.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol Defogger di Mobil

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan ketika musim hujan pengendara mobil cenderung mengecilkan AC karena merasa kedinginan di dalam kabin, hal ini lah yang memicu embun di kaca sisi dalam.

“Ketika hujan biasanya penumpang akan merasa kedinginan, sehingga memilih untuk mengecilkan AC ke level paling rendah, bahkan untuk beberapa orang memilih menyalakan heater jika dilengkapi, nah itu memicu timbulnya embun di kaca,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Dia mengatakan embun tersebut muncul karena perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin. Meski, kebanyakan hanya memunculkan embun tipis di kaca belakang bila AC masih dinyalakan.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Defogger pada Mobil

Pemanas kaca mobil untuk menghilangkan embunKompas.com/Erwin Setiawan Pemanas kaca mobil untuk menghilangkan embun

“Selama AC masih menyala, kemungkinan muncul embun ini sangat kecil, karena perbedaan suhu AC dan suhu udara luar ketika hujan tidak terlalu banyak di beberapa daerah perkotaan, sehingga embun jarang terlihat, kecuali memang AC dimatikan,” ucap Hardi.

Dia mengatakan dengan adanya defogger maka embun tersebut akan mudah hilang karena kaca sengaja dipanaskan.

“Untuk defogger kaca belakang, itu prinsip kerjanya memanaskan kaca melalui kuningan yang menempel pada permukaan kaca, sehingga embun akan cepat hilang, sementara kaca depan dengan cara menggunakan embusan angin dari blower,” ucap Hardi.

Baca juga: Salah Merawat, Defogger Kaca Mobil Juga Bisa Rusak

Dia mengatakan defogger tidak terikat dengan komponen tertentu, melainkan lebih kepada suatu sistem yang bertugas menghilangkan embun. Jadi, setiap mobil bisa memiliki komponen yang berbeda.

“Bahkan beberapa mobil dilengkapi defogger pada kaca spionnya, karena bagaimana pun kaca spion sangat dibutuhkan saat berkendara, jadi jangan sampai pandangan pengendara terhalang oleh air atau embun,” ucap Hardi.

Sehingga peran defogger cukup penting untuk keamanan selama berkendara. Dengan penglihatan yang jelas maka pengendara tetap percaya diri selama berkendara di bawah hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.