Komponen Apa Saja yang Perlu Dicek Setelah Mobil Menerjang Banjir?

Kompas.com - 05/10/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Genangan air menjadi pemandangan yang sering muncul di jalan ketika musim hujan datang. Hal itu kerap membuat was-was pengguna jalan khususnya pengendara mobil karena genangan air bisa merusak komponen mobil.

Terkadang, keadaan memaksa pengendara untuk tetap melalui genangan air meski sudah berusaha untuk menghindarinya.

Nah, jika mobil Anda terpaksa menerjang genangan air, maka diperlukan pemeriksaan agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Lantas apa saja yang perlu diperiksa setelah mobil menerjang genangan air?

Baca juga: Menerjang Genangan Air Bisa Bikin Kopling Mobil Rusak

Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).Dok. BPBD Kabupaten Malang Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji, mengatakan setelah menerjang genangan air sebaiknya mobil melakukan pemeriksaan, karena air bisa merusak komponen serta bercampur dengan oli.

“Bila mobil menerjang genangan air sebaiknya dilakukan pemeriksaan meski mobil tampak sehat, tidak ada kendala, karena air bisa merusak beberapa komponen bila tidak segera ditangani, air juga bisa bercampur dengan oli, itu bahaya,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Dia mengatakan bila air masuk ke dalam kabin, hal itu berpotensi membuat beberapa komponen elektronik basah.

Baca juga: Tips Menghadapi Genangan Air Saat Mengemudikan Mobil

Kondisi kemacetan di kedua ruas Jalan Margonda Raya, Depok pada Selasa (16/8/2022) malam. Kemacetan itu diduga karena Jalan Arief Rahman Hakim tergenang banjir.M Chaerul Halim Kondisi kemacetan di kedua ruas Jalan Margonda Raya, Depok pada Selasa (16/8/2022) malam. Kemacetan itu diduga karena Jalan Arief Rahman Hakim tergenang banjir.

“Basahan itu bisa mengenai komponen-komponen elektronik di dalam kabin, jika tidak segera dikeringkan maka komponen tersebut berpotensi rusak, jadi yang pertama kali dilakukan yaitu melakukan scanning dengan alat khusus,” ucap Mukti.

Dia mengatakan dengan melakukan pemindaian, maka semua komponen elektronik yang berhubungan dengan mesin akan dapat diketahui kondisinya.

“Seperti modul airbag, ECU, kabel-kabel, semua akan dapat terdeteksi bekerja normal atau tidak, jika ada beberapa yang rusak maka komponen tersebut perlu mendapatkan pertolongan segera, agar tidak menyebabkan kerusakan yang semakin parah, “ ucap Mukti.

Baca juga: Hujan di Jabodetabek, Begini Cara Aman Melintasi Genangan

Jalan trans sulawesi sepanjang satu kilometer terendam banjir, akibatnya kendaraan dari dua arah terpaksa mengantri untuk melewati genangan akibat banjir, Kamis (07/07/2022) petang..KOMPAS.com/MUH. AMRAN AMIR Jalan trans sulawesi sepanjang satu kilometer terendam banjir, akibatnya kendaraan dari dua arah terpaksa mengantri untuk melewati genangan akibat banjir, Kamis (07/07/2022) petang..

Dia juga mengatakan oli bisa masuk ke dalam mesin, sehingga air akan bercampur dengan oli mesin bahkan transmisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.