Mulai Musim Hujan, Jangan Keseringan Parkir di Tempat Terbuka

Kompas.com - 05/10/2022, 13:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hujan yang sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia menjadi pertanda bahwa musim hujan sudah tiba. Maka dari itu, kewaspadaan untuk menghadapinya perlu ditingkatkan lagi.

Salah satunya adalah menjaga barang-barang berharga seperti mobil. Usahakan untuk tidak memarkir mobil di ruangan terbuka karena mobil yang sering kehujanan akan mengalami banyak kerugian.

Lantas, apa saja kerugiannya bila mobil terpaksa harus parkir di ruangan terbuka?

Baca juga: Antisipasi Mobil Tergenang, Ini Tempat Parkir yang Ideal Kala Hujan

Seorang pria mengarungi mobil yang terendam air di jalan saat hujan deras di distrik Gangnam, Seoul pada 8 Agustus 2022.AFP/YONHAP Seorang pria mengarungi mobil yang terendam air di jalan saat hujan deras di distrik Gangnam, Seoul pada 8 Agustus 2022.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan dengan membiarkan mobil terparkir di tempat terbuka maka hujan akan membuat mobil lembab dan begitu kering akan membuat eksterior mobil kusam.

“Bila terus-terusan kena hujan di parkiran, maka mobil akan menjadi lembab, khususnya di bagian dalam kabin, hal itu terjadi karena suhu di dalam kabin lebih panas dari suhu di luar, akhirnya bagian dalam lembab dan berpotensi menjadi sarang jamur dan bakteri,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Dia mengatakan jamur dan bakteri tersebut tentu saja akan membuat interior mobil menjadi kusam, khususnya pada jok kulit.

Baca juga: Hati-hati, Parkir Mobil Sembarangan Bisa Kena Denda Rp 500.000

Banjir melanda Jalan Sultan Ageng Tirtayasa 1, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis (4/10/2022). Banjir menggenangi area tersebut setinggi 40-60 sentimeter.KOMPAS.com/ELLYVON PRANITA Banjir melanda Jalan Sultan Ageng Tirtayasa 1, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis (4/10/2022). Banjir menggenangi area tersebut setinggi 40-60 sentimeter.

“Yang paling cepat terlihat itu pada mobil yang menggunakan jok kulit, itu tidak lama, paling seminggu saja deh parkir di bawah hujan akan terlihat kusam di bagian joknya, hal itu karena lembab itu tadi, “ ucap Hardi.

Dia mengatakan lembab akan membuat beberapa komponen interior mobil cepat kotor selain itu juga bisa memicu korosi pada bagian dalam mobil.

“Bisa menyebabkan korosi bahkan memicu terjadinya keropos pada bodi kendaraan, terutama bila ada cat yang mengelupas, sehingga air bisa merembes masuk yang akan memperparah kelembaban dalam kabin,” ucap Hardi.

Baca juga: Tips Merawat Eksterior Mobil, Jangan Sembarangan Parkir

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan membuat Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan, Cilandak, terendam banjir, Selasa (4/10/2022) sore. KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan membuat Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan, Cilandak, terendam banjir, Selasa (4/10/2022) sore.

Selain itu, dia juga mengatakan mobil yang sering terkena hujan di tempat parkir cenderung lebih mudah kusam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.