Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kepemilikan Mobil di Indonesia Tembus 20 Juta Unit

Kompas.com - 05/10/2022, 20:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil merupakan salah kendaraan pribadi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bahkan jumlah kendaraan roda empat ini meningkat setiap harinya.

Peningkatan tersebut kian didorong oleh berbagai produk mobil baru yang ditawarkan oleh pasar otomotif nasional. Bahkan, berbagai teknologi mutakhir disematkan oleh pabrikan mobil untuk menarik minat pasar.

Baca juga: Citroen Akan Langsung Buka 7 Diler di Indonesia

Berdasarkan data jumlah kendaraan per Polda yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Rabu (5/10/2022), total jumlah kepemilikan mobil pribadi di Indonesia yaitu 20.095.682 unit.

Pada torehan tersebut artinya jumlah kepemilikan mobil menyumbang 13 persen untuk total jumlah kepemilikan kendaraan secara nasional.


Dari data tersebut pula, Jawa Timur mencatatkan sebagai wilayah dengan kepemilikan jumlah mobil terbanyak yaitu 6.649.988 unit.

Di posisi kedua ada DKI Jakarta yang menyumbangkan total kepemilikan mobil pribadi 3.579.627 unit.

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Oktober 2022, Harga Motor Sport Naked 150cc Masih Stabil

Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh Jawa Barat dengan jumlah kepemilikan mobil pribadi 1.888.123 unit.

Lalu di posisi keempat ada Jawa Tengah yang mencatatkan jumlah kepemilikan mobil pribadi 1.511.730 unit.

Sementara itu, total kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 150.810.589 unit. Jumlah tersebut berdasarkan hasil dari akumulasi jenis kendaraan dari tiap pulau yaitu mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor hingga kendaraan khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com