Kompas.com - 04/10/2022, 19:31 WIB


JAKARTA , KOMPAS.com – Bagi pemilik mobil dalam jangka lama tidak luput dari rasa ingin mengecat ulang warna kendaraan.

Biasanya, pemilik mobil bisa langsung memiliki warna yang diinginkan di bengkel pengecatan dan melakukan proses negosiasi harga. Pihak bengkel juga akan menawarkan aneka merek cat dengan harga yang beragam.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Menyasar Segmen Mid Range

Namun, baiknya setiap pemilik mobil harus mengetahui jenis cat mobil yang akan digunakan agar bisa menghitung sendiri kualitas dan dana yang harus dikeluarkan.

Erwin Tubun Kepala Bengkel Auto2000 Sunter B&P mengatakan jika cat mobil terbagi menjadi dua jenis. Kedua jenis cat tersebut yaitu PU (poly urethane) dan NC (nitro cellulose).

“Umumnya cat dasar yang sering digunakan satu komponen adalah PU dan NC. Dalam bahasa kimia cat biasa disebut seperti itu,” kata Erwin kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Erwin menyebutkan jika jenis cat PU umumnya lebih mahal dibandingkan dari cat NC. Hal tersebut lantaran kualitas cat ini berbeda satu sama lain.

Umumnya cat PU memiliki daya kilat yang tinggi, dapat melapisi dengan sempurna, bertekstur keras sehingga tahan pada goresan, panas serta tidak cepat pudar.

Scuto Paint melayani cat mobil dan perbaikan bodiDok. Scuto Group Scuto Paint melayani cat mobil dan perbaikan bodi

Sementara itu, pigmen warna pada cat NC kurang dapat menutup dengan sempurna sehingga harus disemprot beberapa lapis agar rata.

Baca juga: Modal di Bawah Rp 20 Juta, Bisa Custom Yamaha Scorpio Bergaya Bobber

Cat NC juga tidak begitu mengkilap dan mudah kusam. Maka dari itu, sebelum memilih merek cat yang akan digunakan baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis cat tersebut. Di bengkel Auto2000 sendiri, kata Erwin yang biasa digunakan adalah cat PU.

Meskipun cat ini hanya satu komponen bukan dua komponen seperti NC atau cat duco, akan tetapi setelah itu dilapisi ulang dengan clear coat (varnish) sehingga menjadi dua komponen.

“Hal tersebut agar ketahanan terhadap cuaca dan kekerasan lapisan tetap terjaga,” kata Erwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.