Mulai Musim Hujan, Ingat Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Kompas.com - 04/10/2022, 12:22 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Musim hujan sudah mulai terasa beberapa hari ini. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, selain menjaga kesehatan tubuh itu penting juga wajib merawat kendaraan agar tetap prima.

Salah satunya, memastikan wiper berfungsi dengan baik. Seperti yang diketahui komponen ini cukup penting untuk menjaga penglihatan pengendara selama hujan turun.

Nah, seperti apa tanda wiper yang harus diganti?

Baca juga: Ketahui Indikator Karet Wiper Harus Diganti

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

Mekanik Kia Depok Fendi Pamungkas, mengatakan ada beberapa tanda yang bisa dikenali ketika wiper harus diganti.

“Tanda nya karet wiper sudah waktunya ganti yang paling sering dan mudah terlihat itu pada saat sapuan karet wiper kurang bersih, itu cukup menandakan bahwa kinerjanya kurang maksimal,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Dia mengatakan dengan berkurangnya kemampuan wiper menyapu air, maka wiper sudah rusak walau terkadang masih bisa dibersihkan.

Baca juga: Ketahui Beda Model Wiper Mobil

“Jika wiper kotor sih bisa menyebabkan sapuan kurang bersih, seperti terganjal ranting atau daun, itu sama saja karet tidak menapak pada kaca dengan baik, tapi kebanyakan sih memang karena sudah waktunya ganti,” ucap Fendi.

Dia mengatakan selain dari sapuan, wiper yang sudah saatnya ganti bisa terdeteksi dari bunyinya.

“Kadang karet wiper bunyi berdecit saat dinyalakan, itu juga tanda bahwa karet wiper sudah minta ganti, karena bunyi bisa menjadi tanda bahwa karet wiper sudah mulai kurang lentur sehingga sapuannya kurang maksimal,” ucap Fendi.

Baca juga: Ganti Karet Wiper Jangan Tunggu Sampai Rusak

Wiper pisang memiliki penyangga di bagian tengah dan terbuat dari bahan karetKOMPAS.com/FDS Wiper pisang memiliki penyangga di bagian tengah dan terbuat dari bahan karet

Selain itu dia juga menjelaskan dari kondisi fisiknya, karet wiper yang sudah jelek pasti mudah dikenali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.