Motor Listrik Yamaha E01 Menyasar Segmen Mid Range

Kompas.com - 04/10/2022, 10:22 WIB


BOGOR, KOMPAS.com - Motor listrik Yamaha E01 akan memulai pengujian di Indonesia sebelum 2023. Pengujian ini diperlukan untuk melihat keunggulan produk, dan apakah sesuai ekspektasi keinginan konsumen.

Asst General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro, mengatakan, pada dasarnya motor listrik yang ada saat ini bisa dibagi tiga kategori, yaitu short range, mid range, dan long range.

Anton mengatakan, ketiga kategori ini dilihat dari jarak tempuh. Adapun Yamaha E01 masuk dalam kategori medium range.

Baca juga: Pebalap Gresini Racing Sempat Ketakutan Balapan di MotoGP Thailand

Yamaha E01 alias NMAX ListrikDok. Yamaha Yamaha E01 alias NMAX Listrik

"Motor-motor yang short range itu rata-rata hanya 30 km-50 km untuk sekali (pengisian) baterai, untuk E01 kita coba medium range itu bisa sampai 104 km untuk satu kali pengecasan penih," kata Anton di Sentul, Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Namun jarak 104 km tersebut kata Anton, merupakan hasil tes internal di kondisi ideal. Karena itu Yamaha ingin melakukan tes lebih terstruktur di beberapa negara dengan kondisi yang beragam.

"Artinya dengan syarat dan ketentuan kondisi, artinya dia pakai 60 km per jam bisa mencapai 104 km, itu hasil pengujian di Jepang tapi itu kan belum mewakili berbagai area di dunia," kata Anton.

Baca juga: Kencan dengan TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart, Enak buat Harian

Motor listrik Yamaha E01Dok. YIMM Motor listrik Yamaha E01

"Kita harus lihat juga, beberapa yang memengaruhi kondisi cuaca, suhu, lingkungan juga sangat memengaruhi, karena itu kita perlu melakukan uji coba di berbagai negara," kata dia.

Yamaha E01 punya tiga mode berkendara, yaitu mode Power, Standar, dan Eco.

Mode Power mengeluarkan secara maksimal tenaga dan torsi motor ini, yaitu sebesar 8,1 kW dan torsi 30,2 Nm. Kecepatannya juga bisa menyentuh 100 kpj.

Baca juga: Taklukkan Lintasan Basah, Ini Cerita Sergio Perez di F1 Singapura

Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/AGK Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.

Kemudian mode Standar dengan tenaga maksimal yang sama dengan mode Power, namun torsinya dikurangi jadi 24,5 Nm. Adapun kecepatan maksimal yang bisa dicapai di mode ini sama dengan mode Power.

Sedangkan untuk mode Eco, tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan hanya 5,4 kW dan torsinya hanya sanggup mencapai 21,4 Nm. Akan tetapi, jumlahnya masih lebih besar dari torsi Nmax yang menghasilkan 13,9 Nm.

Terakhir adalah mode Reverse alias mundur. Dalam mode ini, motor hanya bisa melaju 1 kpj, karena difungsikan untuk membantu memundurkan kendaraan saja.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.