Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Keliru, Ini Jenis Cat untuk Mobil

Biasanya, pemilik mobil bisa langsung memiliki warna yang diinginkan di bengkel pengecatan dan melakukan proses negosiasi harga. Pihak bengkel juga akan menawarkan aneka merek cat dengan harga yang beragam.

Namun, baiknya setiap pemilik mobil harus mengetahui jenis cat mobil yang akan digunakan agar bisa menghitung sendiri kualitas dan dana yang harus dikeluarkan.

Erwin Tubun Kepala Bengkel Auto2000 Sunter B&P mengatakan jika cat mobil terbagi menjadi dua jenis. Kedua jenis cat tersebut yaitu PU (poly urethane) dan NC (nitro cellulose).

“Umumnya cat dasar yang sering digunakan satu komponen adalah PU dan NC. Dalam bahasa kimia cat biasa disebut seperti itu,” kata Erwin kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Erwin menyebutkan jika jenis cat PU umumnya lebih mahal dibandingkan dari cat NC. Hal tersebut lantaran kualitas cat ini berbeda satu sama lain.

Umumnya cat PU memiliki daya kilat yang tinggi, dapat melapisi dengan sempurna, bertekstur keras sehingga tahan pada goresan, panas serta tidak cepat pudar.

Sementara itu, pigmen warna pada cat NC kurang dapat menutup dengan sempurna sehingga harus disemprot beberapa lapis agar rata.

Cat NC juga tidak begitu mengkilap dan mudah kusam. Maka dari itu, sebelum memilih merek cat yang akan digunakan baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis cat tersebut. Di bengkel Auto2000 sendiri, kata Erwin yang biasa digunakan adalah cat PU.

Meskipun cat ini hanya satu komponen bukan dua komponen seperti NC atau cat duco, akan tetapi setelah itu dilapisi ulang dengan clear coat (varnish) sehingga menjadi dua komponen.

“Hal tersebut agar ketahanan terhadap cuaca dan kekerasan lapisan tetap terjaga,” kata Erwin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/04/193100415/jangan-keliru-ini-jenis-cat-untuk-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke