Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Sumex 97 Pakai Sasis Hino dan Bodi Jetbus MHD

Kompas.com - 04/10/2022, 13:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sumatera Express Erasindo atau PO Sumex baru saja mengeluarkan empat armada baru dari Karoseri Adiputro. Pada unit ini, sasis yang digunakan adalah Hino R260 dan dipasang ke bodi Jetbus 3+ MHD.

Secara tampilan, bodi bus dikelir merah dengan grafis kombinasi warna biru, kuning, dan putih. Selain itu, ada gambar burung Macau Scarlet di bagian belakang yang menampilkan keindahan warna-warni bulunya.

PO Sumex 97 memilki layanan yang maksimal untuk segmen bisnis bus pariwisata. Menggunakan pengemudi yang berpengalaman dalam berbagai rute perjalanan wisata dan armadanya yang terawat dan laik jalan karena menggunakan sasis baru dari Hino. Seperti yang baru baru ini diluncurkan adalah 4 unit Hino Bus R260 untuk melayani bus pariwisata di kelas eksekutif. 

Baca juga: Terpantau Dua Bus Buatan New Armada Pergi ke Busworld SEA 2022

Bus pariwisata PO Sumex 97 Dok. Hino Bus pariwisata PO Sumex 97

Pada bagian kabin, diisi 50 bangku dengan leg rest dan armrest. Selain itu, disediakan juga fasilitas seperti toilet, dispenser, dan dua TV yang ada di bagian depan. Lalu, bodi Jetbus MHD juga terkenal akan bagasinya yang lega, cocok untuk bawa oleh-oleh setelah wisata.

PO Sumex 97 memulai bisnis bus pariwisata di awal pandemi tahun 2020, dengan menggunakan 3 unit sasis Hino Bus R260.

Berkantor pusat di Metro, Lampung, PO Sumex 97 menyediakan jasa pariwisata di Lampung dengan pelayanan yang spesial untuk memenuhi permintaan dari konsumen ke berbagai tujuan tempat wisata, baik itu di dalam Lampung, tempat wisata di Pulau Sumatra, hingga melayani pesanan bus pariwisata menyebrang ke Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Jogja bahkan hingga ke Bali. 

“Mungkin banyak PO yang tidak ambil unit bus, namun kami mencoba untuk membeli unit bus Hino baru, dan memasukan ke karoseri untuk memulai bisnis bus pariwisata”, ungkap Anjas, Direktur PO Sumex 97 dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Gagal Dapat Poin, Quartararo Bungkam Usai MotoGP Thailand

Melihat kondisi pandemi yang mulai terkendali, PO Sumex 97 akan menambah armada di akhir 2022. Kabarnya, sasis Hino RM280 Euro 4 akan diandalkan melayani angkutan pariwisata.

Hino RM280 memiliki Wide Air Suspension sehingga naik bus serasa diayun. Selain itu, suspensi udara turut meningkatkan stabilitas kendaraan, dan mudah dalam perawatan. 

Hino Bus RM 280 sendiri menggunakan sasis space frame yang memberikan keuntungan desain bagasi lebih lega, karena tembus dari kiri ke kanan dengan kapasitas volume lebih kurang 9.000 liter.

"Hino sangat ok untuk menunjang bisnis pariwisata dan angkutan. Karena perawatanya yang mudah dan suku cadang yang lebih mudah di dapat, membuat bisnis kami lebih mudah. Bahkan untuk perawatan cukup menghubungi diler terdekat dan mekanik Hino bisa datang ke garasi," kata Anjas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com