Kompas.com - 04/10/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 4 Oktober tahun 2000 atau tepat 22 tahun yang lalu, Rover Group memutuskan untuk mengakhiri produksi Rover Mini Cooper.

Seperti diketahui, ketika itu Rover telah dibeli oleh BMW Group. Artinya Mini klasik bersiap untuk pensiun, sebelum digantikan generasi baru Mini Cooper

Jelang berakhirnya produksi Mini klasik, Rover sengaja meluncurkan 'The Last Minis' yang terdiri dari empat model, yakni Mini Classic Se7en, Mini Knightsbridge, Mini Classic Cooper, dan Mini Cooper Sport 500.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip

Rover Mini Cooper Sport 500CLASSICSWORLD.co.uk Rover Mini Cooper Sport 500

Dilansir dari laman Classics World (4/10/2022), ada banyak sekali Mini edisi khusus yang beredar sejak pertama kali meluncur pada 1959.

Namun untuk Mini Cooper Sport 500 sengaja dibuat spesial, karena menjadi unit-unit terakhir yang masuk jalur produksi.

Bicara soal dapur pacu, mobil ini masih mengusung mesin 1.275 cc bertenaga 62 Tk ada 5.500 rpm dan punya kecepatan maksimal 92 mpj atau setara 148 kpj.

Baca juga: Nissan dan Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Mungil Harga Murah

Mesin ini dikombinasikan dengan girboks manual 4-percepatan dan diklaim bisa melaju dari 0 hingga 100 kpj dalam 11,8 detik.

Beranjak ke interior, Mini Cooper Sport 500 tetap memancarkan aura klasik dengan lapisan kulit di beberapa sisi. Namun nuansanya sudah jauh lebih modern ketimbang Mini Cooper Mk3 dan Mk4.

Adapun warna eksterior hanya tersedia dalam empat warna, yaitu Solar Red, Tahiti Blue, British Racing Green, dan Anthracite.

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE

Rover Mini Cooper Sport 500CLASSICSWORLD.co.uk Rover Mini Cooper Sport 500

Berbeda dari Mini kebanyakan, Mini Cooper Sport 500 punya plakat khusus dengan nomor urut produksi, yang terpasang di kompartemen glove box.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.