Kompas.com - 04/10/2022, 16:12 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Musim hujan sudah mulai terasa di beberapa wilayah di Indonesia. Maka dari itu perlu meningkatkan kewaspadaan bila hendak berkendara.

Khusus bagi pengendara mobil, salah satu hal yang cukup penting adalah memastikan wiper berfungsi dengan baik. Jangan sampai gara-gara hal sepele perjalan Anda menjadi terganggu!

Lantas bahaya apa saja yang bisa disebabkan oleh wiper yang sudah jelek?

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Wiper kaca mobilDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil

Mekanik Kia Depok Fendi Pamungkas, mengatakan wiper yang sudah jelek tentu mengganggu pengendara, dan itu cukup berbahaya terutama jika mobil digunakan untuk perjalanan luar kota.

“Untuk wiper kaca depan cukup penting ya, karena itu akan berhubungan langsung dengan pandangan pengemudi, tanpa wiper yang prima maka pandangan pengemudi bisa terganggu, itu berbahaya,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Dia mengatakan pandangan yang tidak baik akan membuat pengendara tidak leluasa untuk mengendalikan laju kendaraan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Ketahui Beda Model Wiper Mobil

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

“Jika hujan turun cukup deras, maka kaca depan menjadi akan buram karena sapuan wiper yang tidak maksimal, jika memperkirakan kemungkinan terburuknya bisa saja memicu terjadinya kecelakaan,” ucap Fendi.

Dia juga menjelaskan fungsi wiper belakang juga cukup penting meski sering diabaikan. Karena wiper belakang bertugas memastikan kaca belakan jelas sehingga pandangan pengemudi ketika melihat kondisi jalan di belakang tetap terlihat dengan baik.

“Wiper belakang juga penting, sebab pengendara tetap butuh memonitor kondisi pengguna jalan lain di belakang ketika hendak berpindah lajur atau bermanuver, terutama di jalan tanpa hambatan,” ucap Fendi.

Baca juga: Mengganti Karet Wiper Jangan Tunggu Sampai Rusak

Link wiper Suzuki KatanaDicky Aditya Wijaya Link wiper Suzuki Katana

Dia menjelaskan jika wiper tidak mampu menyapu air dengan bersih maka pengemudi akan terganggu atau tidak percaya diri dalam mengendalikan mobil.

“Jangan sampai mau bermanuver jadi terjeda karena tidak yakin dengan kondisi jalan di belakang mobil, tentu ini menghambat sekaligus membahayakan diri dan pengguna jalan di belakangnya,” ucap Fendi.

Jadi, baik wiper depan maupun belakang memiliki peran penting untuk menjaga keamanan dalam berkendara ketika sedang turun hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.