Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mini Electric, Mobil Listrik Harga Rp 900 Jutaan

Kompas.com - 16/09/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Elektrifikasi semakin digencarkan tahun ini; ditandai dengan dibuatnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Dalam Inpres tersebut, dijelaskan ketentuan tentang penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai untuk kendaraan dinas operasional, baik perorangan atau dinas, di instansi pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.

Pilihan yang disediakan pun saat ini juga sudah mulai bervariasi. Beberapa ATPM memilih untuk meluncurkan mobil hybrid, lainnya sudah meluncurkan mobil listrik. Ada yang dijual massal, ada yang sekedar dipamerkan sebagai mobil konsep untuk perkenalan kepada masyarakat.

Baca juga: Mini Electric Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Nyaris Rp 1 Miliar

Mobil listrik juga hadir dalam versi premium. Untuk masyarakat yang memilih mobil listrik premium, bisa mempertimbangkan untuk membeli Mini Electric.

Seperti yang terlihat, Mini Electric memiliki basis dari Mini 3 Door. Desainnya pun terbilang sangat identik atau mirip. Dimensinya pun sama, termasuk dengan dimensi bagasinya.

Tapi, tetap ada beberapa elemen yang membedakan Mini Electric dengan mini 3 Door.

Mini ElectricKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Electric

Pada bagian depannya, lampu memiliki ciri khas Mini dengan bentuk bulat yang dilengkapi dengan teknologi LED.

Bicara soal dapur pacu, Mini Electric menggunakan motor listrik dengan kapasitas 32,6 kWh dengan jarak maksimal 232 km.

Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 135 kWh atau 184 Tk dan torsi puncak 270 Nm. Kecepatan maksimumnya adalah 150 km.

Baca juga: Mulai Hari Ini Ada Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan di Jakarta

Pengisian daya bisa dilakukan dengan mudah di rumah, ataupun di fasilitas pengisian daya umum. Untuk tipe 2, Mini Electric dilengkapi dengan Mini Wallbox di rumah, atau pengisian umum layaknya di mall, kafe, hotel dan tempat umum lainnya. Daya pengisiannya mencapai 11 kW. Waktu pengisian daya untuk mengisi hingga 80 persen adalah sekitar 12 jam.

Dengan menggunakan DC atau fast charging, daya pengisiannya mencapai 50 kW, dengan waktu pengisian daya sekitar 36 menit untuk mengisi daya baterai sampai dengan 80 persen.

Mini ElectricKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Electric

Sedangkan untuk Mini Electric versi Collection, disematkan lampu deapn LED Adaptive, door sill dengan logo Mini Electricsport seats dengan kombinasi light grey fabric atau leatherette. Interiornya dengan finishing Alumunium Mini Yours serta lapisan atap berwarna antrasit. 

Sebagai informasi, Mini Electric dibanderol di angka Rp 945 jutaan off the road. Sedangkan untuk Mini Electric Collection dibanderol di angka Rp 955 jutaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com