Kompas.com - 04/10/2022, 16:19 WIB
|


BOGOR, KOMPAS.com - Akhir pekan lalu, Yamaha Indonesia menggelar kompetisi enduro atau balap ketahanan off road Yamaha yaitu Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge, pada 1-2 Oktober 2022 di Hambalang Jungle Land, Sentul, Bogor.

Kompetisi enduro ini diikuti oleh total 59 peserta. Ada tiga kelas yang dilombakan, yaitu WR 155 R Advance yang diikuti rider profesional. Sedangkan untuk komunitas terdapat dua kelas yakni WR 155 R Community A dan WR 155 R Community B.

Tak lupa Yamaha juga menyediakan kelas khusus media. Treknya dibedakan dengan yang sedang kompetisi, trabasan ringan ini dilakukan untuk merasakan sensasi mengendarai WR155R di habitat aslinya.

Baca juga: Bus Baru PO ANS, Pakai Bodi Anyar dari Morodadi Prima

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

Memang ini bukan pertama kali Kompas.com dan rekan media lain menjajalal WR155R, namun kesempatan main tanah terlalu menggiurkan untuk ditolak meski sekadar ekshibisi.

Menjelajah bersama WR155R kali ini lebih sekadar menyelami karakter motor. Sebab motor yang dipakai ialah standar "ting-ting", kalau pun ada yang diganti paling hanya knalpot itu juga hanya satu atau dua motor.

WR 155R memiliki panjang 2.145mm, lebar 840 mm dan tinggi 1.200 mm. Jarak antar sumbu rodanya mencapai 1.430 mm dengan jarak ke tanah 245 mm. Motor ini lebih besar dan tinggi ketimbang Honda CRF150L tapi ground clerance lebih pendek.

Untuk postur orang Indonesia dengan tinggi badan rata-rata 165cm bakal jinjit saat menaiki motor ini, turun satu kaki pun terasa tinggi. Paling tidak butuh tinggi 175cm jika ingin kedua kaki menapak.

Baca juga: Minat Yamaha Scorpio Bekas, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan di Semarang

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

Bicara soal berat motor, WR 155R memiliki bobot paling berat yaitu 134 kg. Jika dibandingkan dengan rivalnya, Honda CRF 150L hanya memiliki berat 122 kg, begitu juga dengan Kawasaki KLX 150 yang beratnya hanya 116 kg.

Namun bobot tersebut tidak berasa saat di atas motor. Gas diputar dan terasa WR 155R memiliki keunggulan dalam hal perfoma.

Motor trail dengan mesin 155cc ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 16,7 HP ketika putaran mesin mencapai 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,3 Nm pada saat 6.500 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.