Perkara Tato, Pebalap Moto2 Gagal Naik ke MotoGP

Kompas.com - 04/10/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Moto2, Aron Canet, mengaku mendapat penolakan dari beberapa tim di MotoGP. Alasannya adalah karena tato yang ada di sekujur badannya.

Aron Canet bertahan dengan prinsipnya bahwa penampilannya tidak membuatnya sebagai orang yang buruk atau jahat. Sebab, tato yang menempel di badannya hampir menyelimuti sekujur tubuhnya.

Salah satu ciri khas Canet, selain tatonya, adalah dia selalu menggunakan dasi kupu-kupu saat berbaris di grid sebelum balapan. Dasi tersebut merupakan pesan darinya untuk tidak menghakiminya karena tato.

Baca juga: Momen Kecelakaan Pebalap Moto2 Aron Canet dan Lolos dari Maut

"Dasi itu adalah pesan untuk sebagian orang di dalam dan luar paddock yang sudah melabeli saya ini atau itu tanpa mengenal saya dan karena saya memiliki tato, dengan diskriminatif," ujar Canet.

Celestino Vietti (tengah) berhasil menjadi pemenang Moto2 Qatar 2022. Dua di sampingnya adalah Aron Canet (kiri) dan Sam Lowes (kanan) yang finis di urutan kedua dan ketiga.MIRCO LAZZARI GP Celestino Vietti (tengah) berhasil menjadi pemenang Moto2 Qatar 2022. Dua di sampingnya adalah Aron Canet (kiri) dan Sam Lowes (kanan) yang finis di urutan kedua dan ketiga.

Canet menambahkan, Anda bukan orang yang lebih baik atau lebih buruk karena memiliki tato. Sebagian orang melihatnya sebagai pembunuh karena badannya ditato.

"Kami memiliki hal yang sama dengan atau tanpa tato, dan saya adalah pribadi dan atlet elit yang sama. Orang yang bangun pagi hari untuk berlatih di rumah, di Andorra, dan memiliki tato bukan berarti membuat Anda harus lebih baik atau lebih buruk, begitu pula dengan menggunakan dasi kupu-kupu," kata Canet.

Canet mengatakan, pihaknya sudah bernegosiasi dengan beberapa tim dari beberapa kategori dan sebagian menolaknya, karena saya menggunakan tato.

Baca juga: Para Pebalap Bilang Trek Basah di MotoGP Thailand Sangat Berbahaya

Fabio Quartararo juga memiliki banyak tato di badannya. Dia pun kecewa mendengar bahwa Canet ditolak masuk MotoGP karena tatonya.

Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) saat konferensi pers di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Fabio Quartararo finis di posisi pertama dengan catatan 1 menit 31,067 detik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) saat konferensi pers di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Fabio Quartararo finis di posisi pertama dengan catatan 1 menit 31,067 detik.

"Tentu saja, dia memiliki banyak tato. Tapi, saya memahami, begitu pula tim. Saya tahu mengapa, untuk sebagian merek, penting untuk tidak memiliki tato. Sebagian lagi tidak peduli," ujar Quartararo.

"Menyedihkan, karena dia adalah pebalap yang kuat. Semoga saja, jika dia siap naik ke MotoGP, saya berharap dia bisa menemukan seseorang," katanya.

Selain Quartararo, Francesco Bagnaia juga memiliki tato. Menurut Bagnaia, aneh jika ada masalah seperti itu.

"Itu tidak berarti apa-apa jika kami memiliki banyak tato. Untuk suatu tim menolak Anda karena Anda memiliki tato? Itu sesuatu yang saya tidak mengerti," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.