Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pebalap Ditendang Mekanik, Aleix Espargaro Minta Dorna Tegas

Kompas.com - 02/10/2022, 07:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, paddock MotoGP dihebohkan dengan video viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat pebalap yang mendapat kekerasan dari mekaniknya.

Dikutip dari The-race.com, Minggu (2/10/2022), rekaman tersebut ternyata diambil pada MotoGP Thailand 2019.

Pebalap yang mengalaminya adalah Tom Booth-Amos, saat masih tergabung dalam tim balap kelas Moto3, yakni CIP Moto.

Dalam video tersebut, terlihat Tom sedang berbicara dengan mekaniknya. Tak lama kemudian, mekanik tersebut marah dan menendang serta melakukan kekerasan lainnya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2022, Bezzecchi Pole Position

Tom pun mengonfirmasi apa yang terjadi dalam video tersebut. Dia membeberkan apa yang terjadi saat dia masih menjadi pebalap tim tersebut.

"Video yang beredar adalah dari Thai Grand Prix 2019. Ada banyak masalah dengan tim tahun itu yang tidak pernah dibicarakan dan saya tetap diam, hanya mencoba untuk mempertahankan posisi saya untuk musim 2020, karena itu mimpi saya untuk berada di paddock tersebut," ujar Tom, dalam media sosialnya.

"Itu terjadi setelah balapan di mana motor saya rusak karena kesalahan mekanik. Saya diminta untuk tidak berkata apa-apa dan tetap diam. Saya tidak pernah bilang pada siapa pun, termasuk Dorna (Sports) dan manajemen saya saat itu. Itu hanya satu hal yang terjadi tahun itu, orang-orang tidak tahu apa yang terjadi di balik layar TV," katanya.

Video tersebut juga memancing emosi dari para pebalap. Salah satunya adalah pebalap MotoGP paling senior saat ini, yaitu Aleix Espargaro. Dia bahkan meminta CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta untuk tegas dan beraksi dalam merespons kejadian tersebut.

Baca juga: Jadwal Baru MotoGP 2023, GP Mandalika Mundur Jadi Oktober

"Saya lihat videonya, dan saya tidak pernah semarah itu dalam karir saya. Saya tidak pernah lihat sesuatu seperti ini di paddock, dan saya memanggil Carlos Ezpeleta dan berbicara dengannya. Saya bukan siapa-siapa untuk memutuskan, tapi saya merasa salah satu dari orang tua di paddock ini setelah sekitar 20 tahun di dalamnya," kata Aleix.

Tom Booth-Amos, mantan pebalap Moto3 yang mendapat kekerasan dari mekaniknya pada MotoGP Thailand 2019Dok. Crash.net Tom Booth-Amos, mantan pebalap Moto3 yang mendapat kekerasan dari mekaniknya pada MotoGP Thailand 2019

Aleix mengatakan, pebalap tidak memiliki asosiasi atau perkumpulan, tapi ketika sesuatu seperti ini terjadi, maka wajar untuk berbicara. Menurutnya, mekanik tersebut harus keluar dari paddock, dan Dorna harus ke pengadilan untuk mengurusnya.

"Ini adalah sesuatu yang kita lihat di tempat lain, dan ini bahkan lebih berbahaya. Ini adalah citra yang buruk untuk kejuaraan, dan saya sangat marah. Dia hanya anak kecil. Saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini," ujarnya.

Mekanik tersebut dikabarkan sudah tidak tergabung lagi dalam CIP Moto. Tim balap asal Prancis ini juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi.

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

"Tentang video dari 2019, atas perwakilan tim, kami sangat menentang perlakuan seperti itu, dan kami ingin meminta maaf pada Tom Booth-Amos secara terbuka. Tim bukan usaha satu orang, tapi sekumpulan orang-orang," tulis pernyataan tersebut.

"Itulah mengapa teknisi ini tidak lagi terlibat dalam tim kami. Kekerasan apa pun tidak dapat diterima di olahraga kami. Kami sudah mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan ini tidak akan terjadi lagi ke depannya," sambungnya.

Dorna sendiri dikabarkan saat ini sedang melakukan investigasi akan kejadian tersebut. Sementara itu, Tom juga saat ini sudah tidak berada lagi di paddock MotoGP.

Tom hanya satu musim berada di CIP Moto. Pada 2020, dia beralih ke World Supersport 300. Tom berhasil meraih kemenangan di musim pertamanya dan bersaing untuk gelar juara dunia pada musim kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com