Video Viral Pebalap Ditendang Mekanik, Aleix Espargaro Minta Dorna Tegas

Kompas.com - 02/10/2022, 07:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, paddock MotoGP dihebohkan dengan video viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat pebalap yang mendapat kekerasan dari mekaniknya.

Dikutip dari The-race.com, Minggu (2/10/2022), rekaman tersebut ternyata diambil pada MotoGP Thailand 2019.

Pebalap yang mengalaminya adalah Tom Booth-Amos, saat masih tergabung dalam tim balap kelas Moto3, yakni CIP Moto.

Dalam video tersebut, terlihat Tom sedang berbicara dengan mekaniknya. Tak lama kemudian, mekanik tersebut marah dan menendang serta melakukan kekerasan lainnya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2022, Bezzecchi Pole Position

Tom pun mengonfirmasi apa yang terjadi dalam video tersebut. Dia membeberkan apa yang terjadi saat dia masih menjadi pebalap tim tersebut.

"Video yang beredar adalah dari Thai Grand Prix 2019. Ada banyak masalah dengan tim tahun itu yang tidak pernah dibicarakan dan saya tetap diam, hanya mencoba untuk mempertahankan posisi saya untuk musim 2020, karena itu mimpi saya untuk berada di paddock tersebut," ujar Tom, dalam media sosialnya.

"Itu terjadi setelah balapan di mana motor saya rusak karena kesalahan mekanik. Saya diminta untuk tidak berkata apa-apa dan tetap diam. Saya tidak pernah bilang pada siapa pun, termasuk Dorna (Sports) dan manajemen saya saat itu. Itu hanya satu hal yang terjadi tahun itu, orang-orang tidak tahu apa yang terjadi di balik layar TV," katanya.

Video tersebut juga memancing emosi dari para pebalap. Salah satunya adalah pebalap MotoGP paling senior saat ini, yaitu Aleix Espargaro. Dia bahkan meminta CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta untuk tegas dan beraksi dalam merespons kejadian tersebut.

Baca juga: Jadwal Baru MotoGP 2023, GP Mandalika Mundur Jadi Oktober

"Saya lihat videonya, dan saya tidak pernah semarah itu dalam karir saya. Saya tidak pernah lihat sesuatu seperti ini di paddock, dan saya memanggil Carlos Ezpeleta dan berbicara dengannya. Saya bukan siapa-siapa untuk memutuskan, tapi saya merasa salah satu dari orang tua di paddock ini setelah sekitar 20 tahun di dalamnya," kata Aleix.

Tom Booth-Amos, mantan pebalap Moto3 yang mendapat kekerasan dari mekaniknya pada MotoGP Thailand 2019Dok. Crash.net Tom Booth-Amos, mantan pebalap Moto3 yang mendapat kekerasan dari mekaniknya pada MotoGP Thailand 2019

Aleix mengatakan, pebalap tidak memiliki asosiasi atau perkumpulan, tapi ketika sesuatu seperti ini terjadi, maka wajar untuk berbicara. Menurutnya, mekanik tersebut harus keluar dari paddock, dan Dorna harus ke pengadilan untuk mengurusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.