Kompas.com - 01/10/2022, 16:02 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Setelah vakum melakukan acara offline selama 3 tahun karena pandemi, tahun ini Kustomfest kembali menggebrak dengan menghadirkan beberapa konten baru dan menjadi salah satu acara yang paling ditunggu para pecinta kustom kultur Indonesia.

Dalam sambutan saat pembukaan Kustomfest 2022 di JEC, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, dunia kustom motor yang masuk dalam industry desain produk diprediksi bakal terus meningkat.

“Kustomfest bisa menjadi tuan rumah bagi perkembangan dunia produk industri dan bisa menjadi roda roda ekonomi pariwisata dan juga UMKM di Indonesia,” ujar Sandiaga di Yogyakarta (1/10/2022).

Baca juga: Harga Pertamax Turun, Jadi Rp 13.900 Per Liter mulai Oktober 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membuka Kustomfest 2022Dok. Kustomfest Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membuka Kustomfest 2022

“Selain itu, kehadiran acara Kustomfest ini juga turut membantu tingkat okupansi penginapan di wilayah Yogyakarta karena banyaknya tamu yang hadir,” kata dia.

Menurutnya, hadirnya sebuah event kelas dunia ini turut menjadi sebuah keuntungan bagi pariwisata Indonesia, yang sudah mulai bangkit lagi belakangan ini.

Sementara itu Director Kustomfest Lulut Wahyudi, mengatakan, pihaknya terus berproses membuat program dalam upaya meningkatkan kualitasnya sehingga menjadi ruang kreasi serta inovasi unggulan dari dunia kustom di Indonesia.

Baca juga: Depresiasi Harga Mobil Hybrid Lebih Besar Ketimbang Mobil Konvensional

“Kustomfest sejak tahun 2012 dimulai dari bawah sehingga bisa sampai ke titik ini,” ujar Lulut, pada kesempatan yang sama.

“Tidak itu saja, kami juga memperhatikan dampak besar dari penyelenggaraan Kustomfest untuk ikut mendorong perekonomian dengan melibatkan berbagai stakeholder dari pemerintah hingga instansi terkait,” tutur dia.

Lulut menambahkan, perjalanan panjang gelaran Kustomfest turut berdampak pada pemodifikasi lokal. Di mana para builder ini ikut naik level, baik secara kemampuan maupun strategi promosinya.

Baca juga: 14 Target Pelanggaran Polisi pada Operasi Zebra Jaya 2022

Kustomfest kembali digelar di JEC pada 1-2 Oktober 2022.Dok. Kustomfest Kustomfest kembali digelar di JEC pada 1-2 Oktober 2022.

Sebab, beberapa builder dunia serta para pegiat industri kustom kultur termasuk media setiap tahunnya selalu diundang untuk berbagi informasi.

Tercatat, acara Kustom Bike Show di Kustomfest 2022: We’ll Be Back mampu menyedot antusias sebanyak 160 motor kustom hasil dari kurasi komite untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik.

Sementara peserta Hot Rod & Kustom Car diikuti oleh 36 kontestan. Semua peserta yang tampil terlihat sangat fresh dan istimewa karena merupakan karya yang baru dan belum pernah dihadirkan di acara kustom lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.