Wanita, Perhatikan Cara Menggunakan Standar Tengah Motor

Kompas.com - 01/10/2022, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik membuat populasi pengendara sepeda motor perempuan meningkat. Sebab skutik bermanfaat dalam mendukung aktivitas harian maupun hobi berkendara.

Namun perempuan juga perlu memperhatikan sejumlah poin yang harus dikuasai saat naik motor. Salah satunya adalah soal memarkir motor menggunakan standar dua atau standar tengah.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Thailand 2022, Martin Tercepat, Marquez Merosot

Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, meski terlihat sederhana, menggunakan standar dua menjadi beban tersendiri karena membutuhkan tenaga ekstra.

Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.KOMPAS.com/Gilang Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.

“Pastikan kondisi mesin motor dalam keadaan mati agar tidak ada pergerakan yang membahayakan terutama motor matik. Kemudian turunkan standar samping,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Memerah Tanda Mesin Mobil Pernah Overheat

Menggunakan standar tengah atau standar dua lebih disarankan karena dapat membuat tingkat kesimbangan lebih baik. Kemudian motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang.

Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh asal Lampung, memberikan beberapa tips menggunakan standar tengah, khususnya bagi pengendara wanita.

  1. Sebelum menggunakan standar tengah pada motor, jangan lupa matikan mesin. Ini mengurangi resiko tuas gas tidak sengaja terpelintir atau digas yang mengakibatkan motor hilang kendali (khususnya motor jenis matik).
  2. Pasang standar samping terlebih dahulu, untuk mencegah motor roboh atau jatuh ke jalan saat pengendara turun dari motor.
  3. Posisikan tangan dengan benar. Caranya, pegang stang kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan ke behel belakang (handle seat belakang) sepeda motor.
  4. Cara menggunakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar tengah (injak ke bawah dengan tekanan yang cukup). Lalu tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah belakang (lakukan latihan 3 sampai 4 kali agar terbiasa).
  5. Lipat kembali standar samping yang sebelumnya dibuka. Setelah sepeda motor terstandar tegak, luruskan posisi motor sesuai dengan arah parkir yang telah ditentukan. Jangan lupa posisikan atau belokkan stang ke kiri lalu kunci motor agar aman.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.