Mengenal Cara Kerja FCEV, Mobil Listrik Bertenaga Hidrogen

Kompas.com - 01/10/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat empat jenis mobil listrik yang tersedia di pasaran kendaraan roda empat saat ini. Mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV), hingga fuel cell electric vehicle (FCEV).

Dikutip dari AFDC, FCEV menggunakan sistem yang serupa dengan BEV. Namun, ada beberapa faktor penting yang menjadi pembeda antara FCEV dengan BEV.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Terkini, Pertamax dan Turbo Turun

Pada BEV, listrik disimpan pada baterai mobil. Namun pada FCEV, listrik yang dipakai untuk menggerakan mobil dihasilkan dari proses kimia di dalam sel bahan bakar atau fuel cell. FCEV menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dari sistem sel bahan bakar.

Menariknya, FCEV menghasilkan air murni atau H2O dalam prosesnya menghasilkan listrik untuk menggerakan kendaraan.

Dari sisi pengisian daya, FCEV membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat ketimbang BEV. Hanya butuh waktu kira-kira 4 menit dengan jarak tempuh hingga 400 kilometer.

Demi wujudkan visi zero karbon emisi, Hyundai mulai memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya seperti Hyundai Nexo.Dok. Hyundai Demi wujudkan visi zero karbon emisi, Hyundai mulai memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya seperti Hyundai Nexo.

Baca juga: Sertifikasi Uji Tipe Pindad Maung Terkendala Izin dari Toyota

BEV membutuhkan waktu pengisian daya yang lebih lama dengan menggunakan charging equipment yang dihubungkan dengan wall outlet. Umumnya, waktu pengisian daya memakan waktu lebih dari 6 jam.

Sedangkan pada FCEV, tenaganya diperoleh dari gas hidrogen murni yang disimpan di dalam sebuah tangki pada mobil. Ini yang membuat waktu pengisian daya FCEV tidak lama, bahkan hampir sama dengan pada saat mengisi bensin mobil konvensional.

Kemudian, FCEV juga biasanya disematkan dengan berbagai teknologi utuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik.

Misalnya, regenerative braking system yang dapat menyimpan energi yang terpakai saat pengereman dilakukan, untuk kemudian disimpan ke dalam baterai.

Hingga saat ini, pilihan FCEV masih terbilang sangat terbatas. Namun ke depannya, mungkin akan ada perkembangan seiring dengan berkembangnya infrastruktur pendukung FCEV.

Berikut ini adalah contoh mobil-mobil FCEV yang ada di dunia.

  • Hyundai Nexo 2021
  • Toyota Mirai
  • Honda Clarity
  • Hyundai ix35 FVEC
  • Honda FCX Clarity
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.