Operasi Zebra 2022, Polisi Masih Utamakan Sosialisasi

Kompas.com - 01/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Pol Firman Shantyabudi memaparkan bahwa Operasi Zebra 2022 tidak hanya dilakukan dengan cara tilang manual ataupun tilang elektronik (ETLE), namun juga dapat berupa imbauan atau peringatan bagi pelanggar.

Walaupun saat ini ETLE sudah terbesar di 34 provinsi di Indonesia, Firman mengatakan bahwa tugas polisi lalu lintas tetap tidak bisa digantikan. ETLE berperan membantu tugas polisi.

Baca juga: Jelang G20, Polisi Maksimalkan ETLE dan Penggunaan Kendaraan Listrik

Menurut Firman, menilang atau tidak menilang merupakan kewenangan anggota, yaitu diskresi. Sehingga tidak harus menilang, petugas juga bisa mengimbau pelanggar.

Namun, pendekatan dan penindakan terhadap pelanggaran di setiap wilayah selama pelaksanaan Operasi Zebra 2022 akan berbeda-beda.

"Mainset kita ini harus diubah, bahwa polisi ini bukan sosok yang menakutkan, bukan menilangnya yang mau kita kejar, tapi bagaimana masyarakat tertib. Tertib itu untuk kepentingan semua kita bersama," ucap Firman, dikutip dari Korlantas Polri, Sabtu (1/10/2022).

Ilustrasi ETLE Mobiledok.PoldaMetroJaya Ilustrasi ETLE Mobile

Ia menegaskan, terkait diskresi kepolisian, prinsipna semua pelanggaran bisa ditilang. Namun, perlu diingat bahwa diskresi kepolisian masih ada.

Baca juga: Volta Luncurkan Motor Listrik Mirip Vespa, Harga Rp 18 Jutaan

"Kita masih punya kewenangan itu. Tapi tujuan kita bukan menilang orang di jalan, bedakan dan tolong sampaikan jangan sampai salah. Petugas kita, polisi lalu lintas ada untuk membantu masyarakat bukan untuk menilang, tolong ya ini edukasinya," ucap Firman.

Sebagai informasi, Operasi Zebra 2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Oktober 2022 sampai dengan 16 Oktober 2022. Pelaksanaannya bukan memprioritaskan tilang, namun lebih kepada edukasi dan imbauan kepada pelanggar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.