Konversi Bisa Mengganggu Pasar Motor Listik Baru?

Kompas.com - 29/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengeluarkan regulasi konversi sepeda motor listrik sejak 2020. Pemerintah berusaha memfasilitasi orang yang ingin mengubah populasi motor konvensional jadi listrik.

Regulasi itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Baca juga: Pemasangan Bodycam di Baju Polisi untuk Menertibkan Lalu Lintas

Ada pemikiran jika banyak orang yang melakukan konversi maka akan berdampak pada penjualan motor listrik baru.

Konversi motor listrik garapan PetrikbikeDok. Petrikbike Konversi motor listrik garapan Petrikbike

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, konversi motor berbahan bakar bensin menjadi listrik akan menggairahkan pasar tapi tidak akan memengaruhi pasar motor listrik.

"Kembali kalau kita lihat konversi itu memang untuk memenuhi masyarakat atau konsumen yang ingin motor listrik dari ICE, ya itu akan membuat pasar bergairah saja ya mudah-mudahan," kata Thomas di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

"Saya rasa tidak, saya rasa nantinya konsumen akan punya banyak pilihan saja kalau mau motor yang sekerang ICE pindah ke EV atau nanti menunggu motor-motor EV yang akan dikeluarkan," kata dia.

Baca juga: Bus Baru PO SAN Pakai Power Window, Opsi Baru dari Laksana

Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100RIDEAPART.com Tampilan modifikasi konversi motor listrik Honda CB100

Saat ini AHM sudah punya motor listrik yaitu PCX Electric tapi belum dijual retail kepada umum. Namun belum lama ini Honda Motor Corporation mengungkap akan menambah portofolio motor listrik.

Secara global, prinsipal Honda di Jepang menargetkan peningkatan penjualan tahunan motor listrik menjadi 1 juta unit dalam rentang waktu 5 tahun, dan kemudian 3,5 juta unit atau setara 15 persen total penjualan unit pada 2030.

Baca juga: Wadah buat Pencinta Modifikasi Mobil dan Custom Motor

AHM perkenalkan All New Honda BeATDonny Dwi/Kompas.com AHM perkenalkan All New Honda BeAT

Adapun di Indonesia, untuk mendukung rencana tersebut, AHM akan mengumumkan strategi dan roadmap bisnis motor listrik pada tahun ini yang mana salah satunya ditengarai ialah peluncuran motor listrik baru.

Target konversi

Di sisi lain, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani, menjelaskan Kementerian ESDM melalui program Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) telah memasukan KBLBB sebagai salah satu program kerja.

GSEN telah menargetkan jumlah sepeda motor dari program konversi ini. Target tersebut yaitu menghasilkan sebanyak 11 juta motor listrik di 2025 dan 13 juta motor listrik 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.