Target ESDM Mengonversi 11 Juta Motor Listrik di 2025

Kompas.com - 29/09/2022, 09:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Program elektrifikasi kendaraan listrik saat ini kian serius diwujudkan oleh Pemerintah Indonesia.

Hal ini juga kian dipercepat dengan adanya program konversi motor BBM menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Baca juga: Bagaimana Kelanjutan Kabar Daihatsu Ayla EV?

Konversi kendaraan bermotor BBM menjadi KBLBB merupakan terobosan dalam mendorong program kendaraan listrik melalui pemanfaatan aset yang sudah dimiliki.

“Kementerian ESDM meyakini jika program konversi motor BBM ke motor listrik signifikan langsung mengurangi BBM, mengurangi emisi CO2 karena motor yang dikonversi akan menyerap listrik,” kata Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani kepada Kompas.com di sela-sela acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022), Rabu (28/9/2022).


Sripeni menjelaskan Kementerian ESDM melalui program Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) telah memasukan KBLBB sebagai salah satu program kerja.

GSEN sendiri telah menargetkan jumlah sepeda motor dari program konversi ini. Target tersebut yaitu menghasilkan sebanyak 11 juta motor listrik di 2025 dan 13 juta motor listrik 2030.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten CahyaniJanlika Putri/ Kompas.com Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani

Jika program ini terwujud di Indonesia, maka target dari berkurangnya impor Bahan Bakar Minyak (BBM) di 2030 juga akan terwujud.

“Target tahun 2030 penurunan impor BBM sebanyak 67 barrel oil equivalent per day (BOEPD) dari program KBLBB ini,” kata Sripeni.

Baca juga: Wuling Pamerkan Almaz Hybrid Concept di IEMS 2022

Sementara itu, program ini juga kian diperkuat dengan Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Serta Permen Perhubungan no 45 tahun 2020 mengenai konversi sepeda motor dengan penggerak motor bakar menjadi sepeda motor listrik berbasi baterai atau KBLBB.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.