Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemasangan Bodycam di Baju Polisi untuk Menertibkan Lalu Lintas

Kompas.com - 29/09/2022, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com -
Korlantas Polri berencana akan memasang kamera badan alias bodycam pada baju dinas polisi lalu lintas untuk tugas operasional Turjawali.

Alat ini rencananya akan diintegrasikan dengan E-TLE untuk mengurangi kontak langsung pelanggar yang rawan dengan perdebatan atau penyimpangan. Selain itu, alat ini dapat membantu mempermudah penangan kecelakaan lalu lintas.

Pemerhati masalah transportasi dan Hukum Budiyanto mengatakan jika kamera portable yang dipasang pada saku baju dinas Polantas jika alat secanggih apapun tidak akan efektif jika belum ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Canggih, Ini Fitur Lengkap Kamera Badan di Polisi Lalu Lintas


“Semua akan kembali kepada manusianya sehingga perlu diimbangi atau dibangun suatu sistem kontrol atau pengawasan yang memadai sehingga alat tersebut dapat bekerja secara efektif untuk membantu tugas- tugas Polantas secara keseluruhan,” kata Budiyanto kepada Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Saat ditilang, kita perlu mengetahui hal-hal yang dasarnya.Kompas Automotif Saat ditilang, kita perlu mengetahui hal-hal yang dasarnya.

Menurut Budiyanto, apabila ada oknum yang kurang bertanggung jawab bisa saja alat tersebut dimatikan supaya tidak terkoneksi dengAN E-TLE atau Back Office sehingga tidak terpantau.

Baca juga: Datang ke IEMS 2022, Bisa Coba Langsung Kendaraan Listrik

Maka dari itu, sistem pengawasan yang dibangun perlu diimbangi dengan pengawasan yang dibangun dengan bantuan teknologi. Serta pengawasan secara langsung dilapangan secara berjenjang. 

“Kelemahan manajemen operasional dalam bidang apapun pada umumnya terletak pada bidang kontrol atau pengawasan,” kata Budiyanto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com