Marquez Ungkap Dua Syarat Dirinya Bisa Kompetitif Lagi

Kompas.com - 28/09/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah kembali balapan musim ini. Tapi, masih belum cukup kompetitif seperti dirinya sebelum cedera. Namun, tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa tercapai.

Diketahui Marquez sudah menjalani operasi keempat pada lengan kanannya yang patah. Operasi tersebut dinilai berjalan lancar hingga Marquez kembali diizinkan untuk balapan.

Baca juga: Tanpa Podium di GP Jepang, Marquez Senang Sakit Lengannya Hilang

Sayangnya, pada momen pertama dia kembali dan balapan pada MotoGP Aragon, pebalap Repsol Honda ini mengalami insiden pada lap pertama. Balapan penuh baru dilakoninya pada MotoGP Jepang, dengan start dari pole position, finis posisi keempat.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang  digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)AFP/JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. Marc Marquez kembali balapan pada MotoGP Aragon 2022 yang digelar di Sirkuit MotorLand Aragon pada 16-18 September 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Hasil tersebut sebenarnya cukup luar biasa, mengingat Marquez baru kembali lagi ke atas motor MotoGP. Namun, tak sedikit yang meragukan apakah dirinya bisa kembali kompetitif seperti dulu sebelum cedera.

"Ada dua hal, kondisi lengan yang terus meningkat dan kemampuan motor. Tentu saja, kondisi lengan akan terus meningkat seiring dengan seri-seri berikutnya. Sebab, otot juga akan menjadi lebih kuat. Saya tidak tahu akan seberapa besar perbedaannya," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

Tapi, untuk bisa membalap seperti saat musim 2019, Marquez cukup meragukan hal tersebut. Khususnya, karena motor yang digunakan saat ini sudah jauh berbeda.

Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera. AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera.

"Ini bukan 2019 lagi, ini 2022. Motornya berubah, aerodinamikanya dan semuanya. Jadi, motor menjadi lebih penting di MotoGP yang baru ini," kata Marquez.

Menurut Marquez, sekarang ini sulit untuk bisa melakukan manuver menyalip. Pasalnya, saat berada di belakang pebalap lain, sulit untuk menghentikan laju motor, dikarenakan aerodinamikanya yang tidak bekerja.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) saat berduel dengan sang adik, Alex Marquez (kiri), dalam balapan MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/GABRIEL BOUYS Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) saat berduel dengan sang adik, Alex Marquez (kiri), dalam balapan MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

"Jika Anda berada di belakang pebalap lain, Anda juga harus berusaha keras melawan gejala wheelie, karena lagi-lagi efek aerodinamikanya tidak ada," ujarnya.

Marquez mengatakan, sebelumnya lebih mudah untuk mengikuti pebalap lain. Sekarang ini, mudah saja untuk satu lap, tapi akan lebih sulit dalam kondisi balapan sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.