Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid Jalur Luar Kota, Tembus 15,2 Kpl

Kompas.com - 28/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyematan teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai Lithium-ion berkapasitas 6 Ah 12V yang bertugas sebagai pendamping mesin K15B di Suzuki Ertiga Hybrid mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Teorinya, pembakaran yang terjadi di ruang mesin mobil lebih efektif dan efesien dibanding versi konvensional. Tidak ada tenaga terbuang karena deselerasi maupun akselerasi.

Selain itu, pabrikan juga menyematkan fitur Auto Start-Stop yang bisa secara otomatis mematikan mesin ketika mobil dalam kondisi berhenti, seperti ketika kemacetan atau lampu merah.

Baca juga: [VIDEO] Uji Ertiga Hybrid Sebagai Mobil Harian, Lebih Irit BBM?

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Bedasarkan pengujian yang dilakukan redaksi Kompas.com, fitur Auto Start-Stop ini bisa bekerja sampai durasi delapan menit. Sedangkan baterai Lithium-ION bisa memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam.

Hanya saja, tercatat pada layar MID, rata-rata konsumsi Ertiga Hybrid di ruas perkotaan dengan total jarak 41,5 kilometer, tidak begitu berbeda dibandingkan kendaraan sejenis yaitu 13,2 kpl.

Perjalanan pengujian ini dimulai dari Bekasi menuju ruas-ruas jalan di Ibu Kota yang cukup padat kendaraan seperti MT Haryono, Kalimalang, dan Sudirman. Perjalanan menggunakan jalan arteri, tanpa masuk ke jalur tol.

Kontur jalanan secara keseluruhan cukup bervariatif, ada yang mulus, gravel, juga berbelok.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid 5 Tahun Kepemilikan

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kotaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid untuk jalur luar kota

Adapun pengujiannya dilakukan secara normal, tanpa mematikan AC dan kecepatan juga tidak terlalu pelan atau terlalu kencang. Artinya, disesuaikan dengan pemakaian normal sehari-hari.

Namun, ketika melakukan pengujian di ruas luar kota dengan total jarak 94,5 km, rata-rata konsumsi BBM Ertiga Hybrid semakin hemat yaitu 15,2 kpl. Kala itu, tim melakukan perjalanan dari Jakarta-Bogor melalui jalan tol.

Memang dalam pengujian ini, tingkat kemacetannya tidak semasif ruas dalam kota. Tetapi ketika keluar jalur tol, tidak jauh berbeda karena kondisi jalan di Bogor cukup padat.

Baca juga: 5 Fitur Tambahan Suzuki Ertiga Hybrid, Berguna di Jalur Perkotaan

Sementara untuk kontur jalannya, bervariatif yakni ada yang mulus (jalan tol), gravel, berbelok, juga menurun dan menanjak.

Namun perlu dicatat, tingkat efisiensi BBM tersebut bisa saja berbeda dari pengemudi lain karena sangat bergantung dengan kontur jalan, kondisi lalu lintas, dan karakteristik mengemudinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.