Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

Kompas.com - 25/09/2022, 13:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Ducati, Jack Miller sukses meraih gelar juara pada gelaran MotoGP Jepang, di Sirkuit Motegi, Minggu (25/9/2022). Sedangkan Marc Marquez yang menempati pole position, harus puas berada di posisi empat.

Brad Binder sukses mengisi podium kedua, dan Joge Martin ada di posisi ketiga. Hasil mengecewakan didapat Francesco Bagnaia yang sedang berusaha mengejar poin, malah harus mengalami kecelakaan di lap terakhir.

Pecco Bagnaia pun gagal mendulang poin di balapan kali ini, padahal sepanjang lap dia balapan dengan baik, guna menjaga jarak poin dengan Fabio Quartararo di klasemen MotoGP 2022.

Jalannya Balapan

Awal balapan dimulai dengan drama dari Aleix Espargaro yang masuk ke pit setelah warm up lap. Kemungkinan besar terjadi engine failure, entah pada girboks atau perangkat suspensi belakang.

 

Selepas start, Brad Binder langsung mencuri posisi terdepan dari Marc Marquez. Sementara posisi kedua masih dipertahankan oleh Jorge Martin. Tapi, tak butuh waktu lama, Martin berhasil meraih posisi terdepan dari Binder.

Sedangkan Marquez, masih tertahan di posisi ketiga. Masih di lap pertama, Jack Miller datang merebut posisi Marquez. Begitu pula Miguel Oliveira juga merebut lagi posisi pebalap Repsol Honda tersebut.

Pebalap Ducati Jack Miller tampil dalam rangkaian MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Prefektur Tochigi, Jepang, pada 23-25 September 2022.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Ducati Jack Miller tampil dalam rangkaian MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Prefektur Tochigi, Jepang, pada 23-25 September 2022.

Marquez tertahan di posisi kelima untuk sementara. Sedangkan di belakangnya, sudah ada Maverick Vinales. Johann Zarco yang start dari posisi kedua malah langsung merosot ke posisi ketujuh pada awal balapan.

Masuk lap ketiga, Fabio Quartararo tertahan di posisi kedelapan. Sementara di belakangnya, ada Pol Espargaro dan Luca Marini. Francesco Bagnaia belum berhasil menembus sepuluh besar dan berada di posisi ke-11.

Pada lap ketiga, Miller mulai melancarkan serangan pada Martin dan berhasil menyalipnya. Keduanya sempat bersenggolan saat di tikungan.

Sementara itu, di tengah barisan, Marini mulai menyalip Pol dan sempat juga mengganggu ritme Quartararo. Tapi, pebalap Monster Yamaha tersebut masih berhasil mempertahankan posisinya.

Jelang lap kelima, terlihat Enea Bastianini juga mulai menyalip Bagnaia. Tapi, masih belum cukup kuat dan Bagnaia masih berada di posisi ke-11.

Sementara itu, di barisan terdepan, Miller berhasil memimpin jalannya balapan dari Martin. Pebalap Australia tersebut cukup nyaman memimpin di depan dan langsung membuka gap hingga 1 detik dari Martin dan terus bertambah.

Pada lap kesembilan, Bastianini akhirnya berhasil menyalip Bagnaia. Manuver tersebut membuktikan juga tidak ada yang namanya 'Team Order' di Ducati.

Masuk lap kesebelas, Bastianini sudah berhasil naik ke posisi kesembilan. Namun, gapnya dengan Quartararo yang ada di posisi kedelapan cukup jauh, yakni terpaut 1 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com