Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Peredam Kejut yang Sudah Lemah Diperbaiki?

Kompas.com - 23/09/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Peredam kejut pada mobil merupakan komponen yang cukup penting guna menunjang kenyamanan selama berkendara.

Ketika peredam kejut ini sudah mulai lemah, maka peredaman getaran dari permukaan jalan tidak akan maksimal sehingga mobil menjadi limbung.

Lantas, bisakah peredam kejut yang lemah ini diperbaiki?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Peredam Kejut Lemah Bisa Bikin Boros BBM?

peredam kejut lemahKompas.com/Erwin Setiawan peredam kejut lemah

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Anang Wahyu, mengatakan beberapa kondisi peredam kejut yang lemah bisa tertolong dengan penyuntikan.

“Selama shock absorber (peredam kejut) tidak mengalami bocor, ini artinya masih bisa ditolong dengan percobaan suntik, karena seal dipastikan masih bagus,” ucap Anang kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Dia mengatakan peredam kejut yang sudah lemah bisa kembali normal setelah dilakukan penyuntikan, walau kondisinya tidak sama persis seperti baru.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Peredam Kejut Mobil Minta Ganti

Tes slalom All New BR-V di road test course Honda Prospect Motor di Karawang, Bekasi, Jawa Baratkompas.com - AFH Tes slalom All New BR-V di road test course Honda Prospect Motor di Karawang, Bekasi, Jawa Barat

“Setelah disuntik, peredam kejut yang lemah akan kuat kembali, kondisi yang sebelumnya tidak ada perlawanan ketika peredam kejut ditekan, ini menjadi ada gaya dorongnya, dan lama waktu untuk komponen ini pulih memanjang juga relatif lebih cepat,” ucap Anang.

Seperti yang diketahui, prinsip kerja dari peredam kejut adalah meredam kejutan dari permukaan jalan, sehingga kejutan tersebut menjadi pelan dan tidak begitu terasa oleh penumpang di dalam kabin.

Anang juga mengatakan, penyuntikan peredam kejut ini bisa dijadikan alternatif bila pelanggan keberatan jika dilakukan penggantian komponen.

Baca juga: Pilihan Baru Peredam Kejut KYB buat Mobil

Ilustrasi polisi tidur sesuai ketentuanbarcoproducts.com Ilustrasi polisi tidur sesuai ketentuan

“Ketahanan peredam kejut setelah disuntik juga sangat bergantung pada kemampuan seal, jika seal pada peredam kejut bocor maka solusinya perlu dilakukan penggantian,” ucap Anang.

Dia mengatakan, jika seal sudah rusak maka peredam kejut susah diperbaiki dan biayanya juga lebih mahal dari pembelian komponen baru. Maka dari itu, jika peredam kejut sudah bocor sebaiknya dilakukan penggantian.

Jadi, tidak semua peredam kejut yang sudah lemah bisa diperbaiki, komponen ini bisa diperbaiki dengan catatan seal-nya tidak rembes atau bocor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com