Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda-tanda Shock Absorber Mobil Minta Jajan

Kompas.com - 06/05/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penunjang kenyamanan ketika mengemudikan mobil adalah suspensi atau shock absorber. Fungsinya tentu untuk meredam kerasnya kondisi jalan yang dilalui kendaraan.

Namun, posisi shock absorber yang ada di kolong mobil jadi jarang terlihat mata, sehingga tidak sering diperiksa. Pengemudi hanya sekadar menggunakan kendaraannya saja, tetapi shock absorber jarang dirawat.

Lalu bagaimana untuk mengetahui kondisi shock absorber mobil yang kondisinya sudah rusak dan minta jajan?

Baca juga: Naik Motor ke Lampung, Wanita Ini Menangis Saat Diminta Putar Balik

Per mobilYURE OTOMOTIF Per mobil

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa ciri dari shock absorber yang sudah mulai rusak. Ciri ini bisa dirasakan oleh pengemudi dengan mudah.

“Pertama terdengar bunyi-bunyi abnormal ketika melewati lubang atau polisi tidur. Hal ini terjadi karena ban yang mentok ke bodi atau fender,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Efek yang kedua adalah mobil yang terasa keras ketika dikemudikan karena tidak ada peredaman dari jalan. Selain keras, kendaraan juga bisa terasa lebih limbung jika shock absorber sudah tidak dalam kondisi prima.

Baca juga: Manajer Repsol Honda Akui Ada Masalah dengan Motor

“Jadi traksi ban terhadap aspal ini jadi jelek saat shock absorber sudah rusak. Ban yang biasa ditekan karena berat bodi, ketika shock absorber rusak jadi kaku, tidak ada daya tekan ke bawah,” kata Suparna.

Shock absorber pada mobil-mobil zaman sekarang sudah tidak bisa diservis. Jadi jika mengalami kerusakan harus melakukan penggantian dengan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com