Kompas.com - 23/09/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Moto Guzzi melansir motor edisi spesial Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale. Motor ini hanya diproduksi 1.913 unit dan dibuat sebagai penghargaan untuk Giovanni Ravelli.

Peluncuran V100 Mandello Aviazione Navale pun tidak main-main, prosesnya dilakukan di kapal induk Cavour. Kapal induk Italia pertama yang bisa mengangkut pesawat fixed wing dan helikopter.

Baca juga: Begini Cara Baca Informasi Ban Lewat Kode Huruf dan Angka

Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale. Foto: Visordown Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale.

Sesuai konsep, bodi dilabur cat khusus warna abu-abu yang terinspirasi dari jet tempur F-35B. Termasuk desain garis-garis yang terdapat di sekitar jet yang asli.

Mengutip Visordown, sebagai penanda edisi khusus, terdapat plakat peringatan dannomor seri individu yang diukir dengan laser di bagian atas pegangan setang.

Motor menggunakan mesin 1.000 cc yang menghasilkan 115 tk dan torsi 77 lb-ft. Sayang motor ini hanya tersedia di pasar Italia, dan harganya belum dikonfirmasi.

Baca juga: Strategi Fuso Hadapi Kenaikan Harga Solar

Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale. Foto: Visordown Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale.

Ravelli merupakan pilot angkatan laut tentara Italia yang meninggal pada 1919. Ravelli merupakan salah satu pendiri Moto Guzzi bersama dengan Giorgio Parodi dan Carlo Guzzi.

Usai Perang Dunia 1 ketiganya mendedikasikan diri untuk membuat motor performa tinggi. Logo kepakan sayap elang di logo Moto Guzzi disebut merupakan penghargaan untuk Ravelli.

Ravelli menjadi korban kecelakaan pada tahun 1919. Dua temannya kemudian yaitu Parodi dan Guzzi memilih elang sebagai simbol juga untuk mengenang Ravelli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber visordown


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.