Kompas.com - 22/09/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen Ilmate) dan Kementrian Perindustrian (Kemenperin) telah mengeluarkan Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) untuk motor listrik Davigo pada Senin (19/9/2022).

Dengan ini, Davigo resmi menjadi motor listrik yang diproduksi di Indonesia. Saat ini, unitnya sedang menjalani uji tipe agar memenuhi syarat legal mengaspal di jalan raya.

Chief Marketing Officer PT Davigo Arta Luas Glora Slucky mengatakan bahwa pihaknya optimis Davigo bisa jadi motor listrik pilihan masyarakat.

Baca juga: Tidak Boleh Sembarangan, Motor Listrik Hasil Konversi Harus Diuji

"Dengan dikeluarkan NIK ini, Davigo sangat optimis bisa menjadi motor listrik pilihan utama masyarakat Indonesia dikarenakan keunggulannya terutama dari jarak tempuh terjauh," ucap Glora dalam keterangan resminya, Kamis (22/9/2022).

Sebelumnya, Davigo sendiri telah memperkenalkan tiga model sepeda motor listrik yaitu Space, Dragon, dan Forza. Davigo Space sudah resmi meluncur pada 22 Juli 2022 yang lalu.

Davigo SpaceDavigo Davigo Space

Davigo Space sendiri diklaim memiliki kelebihan yaitu bagasi yang lapang. Ini dikarenakan baterai pada motor tersebut merupakan baterai tanam, sehingga ada ruang lapang di bawah jok yang mampu menampung satu helm full face.

Kemudian, motor listrik ini sudah dilengkapi dengan Permanent Liquid Cooling System. Ini mampu menurunkan suhu mesin agar tetap normal khususnya saat dibawa berkendara jarak jauh. Fitur ini cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis.

Motor listrik Davigo DragonDavigo Motor listrik Davigo Dragon

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit

Dari sisi jarak tempuh, Davigo Space bisa mencapai 150 km hanya dengan menggunakan satu baterai dan sekali pengisian daya. Sistem pengisian dayanya bisa dilakukan di rumah, dengan harga estimasi per kilometernya Rp 21 rupiah.

Sementara Dragon dan Forza dijadwalkan untuk meluncur pada awal November 2022 mendatang. 

Davigo Dragon dilengkapi dengan baterai jenis lithium berkapasitas 72v60ah. Jarak tempuhnya lebih jauh jika dibandingkan dengan Davigo Space. Kecepatan maksimalnya mencapai 70 kpj.

Davigo ForzaDavigo Davigo Forza

Keunggulan lainnya, Davigo Dragon dilengkapi dengan remote control dan tombol untuk motor berjalan mundur.

Sedangkan Davigo Forza memiliki kesamaan dengan Davigo Space, dilengkapi dengan Permanent Liquid Coling System serta baterai Graphene Battery.

Mengusung gaya modern retro, Davigo Forza memiliki sisi lekukan bodi yang lebih membulat dan dilengkapi dengan panel instrumen serba digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.