Kompas.com - 19/09/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir 2022, populasi sasis bus di Indonesia sudah mulai langka, terutama untuk model dengan standar emisi di bawah Euro 4.

Mengingat per April 2022, kendaraan diesel harus sudah memenuhi standar Euro 4, termasuk bus. Semenjak saat itu, operator bus berburu sasis bus baru namun dengan standar emisi yang masih di bawah Euro 4.

Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Agen Tunggal Pemegang Merek Mercedes Benz Bus dan Truck mengatakan, dua produk favorit sudah mulai langka di pasaran.

Baca juga: Mercedes-Benz Mau CKD Sasis Bus Listrik, tapi Terkendala Regulasi

Bus AKAP baru PO HaryantoDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Haryanto

Sedangkan Mercedes Benz belum memperkenalkan lini produk bus dengan standar Euro 4. Jadi saat ini memang masih fokus menghabiskan stok yang tersisa.

"Stok kita sekarang mungkin sudah enggak ada yang 15 ton dan 16 ton. Jadi sekarang itu 9 ton sampai 10 ton yang kita masih ada stok," ucap Faustina di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Lini produk yang dimaksud adalah sasis bus seri OH 1526 dan OH 1626. Kedua sasis ini memang jadi produk yang cukup diminati operator bus AKAP maupun pariwisata.

Baca juga: Modal Rp 2 Jutaan, Ini Daftar Skutik Bekas yang Bisa Dilirik


Sedangkan kapan Mercedes Benz akan memperkenalkan lini produk Euro 4 untuk bus, rencananya akan terjadi tahun depan. Sebenarnya, target awalnya di akhir tahun 2022 untuk perkenalan.

"Maunya akhir tahun, cuma terbatas waktunya. Jadi mau di tahun depan saja, mungkin sebelum lebaran," ucap Faustina.

Untuk produknya, nampaknya akan serupa dengan Axor Euro 4 yang sudah diluncurkan Juni lalu. Jadi pada komponen mesin, akan ditambah sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mengurangi emisi gas buang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.