Kompas.com - 19/09/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (18/8/2022) diwarnai dengan drama yang melibatkan pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Ketika balapan baru dimulai, Marc Marquez terlihat tiba-tiba menutup gas lantaran menghindari jatuh di tikungan ketiga. Aksi ini membuat Fabio Quartararo yang berada tepat di belakangnya tidak dapat menghindar dan menabrak bagian belakang motor Marquez.

Kecelakaan tersebut sontak membuat Quartararo terpelanting dari YZR-M1 hingga tersungkur ke gravel.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Aragon, Bagnaia Makin Ancam Quartararo

Tak berselang lama, insiden kecelakaan kembali melibatkan Marc Marquez yang terlihat menyenggol Takaaki Nakagami. Nagami kemudian mengalami low side hingga nyaris terlindas motor Maverick Vinales yang melintas tepat di belakangnya.

Usai balapan, rider yang dijuluki The Baby Alien itu pun menjelaskan penyebab insiden yang melibatkan dirinya dengan Quartararo dan Nakagami.

“Saat itu roda belakang saya tergelincir sedikit di tikungan tiga. Masalahnya adalah Fabio sangat dekat di belakang saya. Mungkin dia bermaksud menyalip saya di sana. Itu adalah insiden balapan dan fakta bahwa Fabio begitu dekat di belakang saya jelas tidak membantu. Begitulah kontak itu terjadi. Tapi itu normal untuk tidak meninggalkan celah besar, Anda tidak bisa menyalahkannya untuk itu,” ucap Marquez dikutip dari Speedweek, Minggu (18/9/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Setelah mengalami insiden dengan Quartararo, Marquez terus melaju melewati beberapa tikungan selanjutnya. Namun, ia merasa ada yang janggal dengan motornya akibat tabrakan dengan Quartararo.

Menurutnya, ada salah satu bagian body motor Quartararo yang tersangkut di motor Marquez. Hal ini membuat motornya mengalami masalah teknis dan mengaktifkan holeshot.

“Ketika berada di tikungan ketujuh, saya tiba-tiba merasa roda belakang terkunci dan bergerak ke sisi samping kiri. Entah bagaimana roda belakang terkunci, semuanya terasa gila. Dan ketika saya ingin pindah ke kiri, saya tidak merasakan torsi lagi,” katanya.

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2022, Bastianini Kalahkan Bagnaia, Marquez Kecelakaan

Saat itulah Marquez menyenggol Nakagami hingga membuat pebalap LCR Honda itu tak bisa melanjutkan balapan.

Pada saat itu Marquez tak ikut terjatuh, namun dirinya memutuskan untuk tidak menyelesaikan balapan. Bahkan Marquez juga terlihat langsung mendatangi paddock LCR Honda untuk meminta maaf kepada Nakagami.

Tak lupa, Marquez pun turut meminta maaf kepada Fabio Quartararo dan berharap keduanya baik-baik saja usai alami kecelakaan di GP Aragon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.